Dukung Pendidikan Berbasis Ristek, Itera Resmikan Laboratorium Teknik II

img
Sejumlah mahasiswa melintasi bangunan Laboratorium Teknik II ITERA Provinsi Lampung./Rifat

MOMENTUM, Waydadi--Dalam rangka mendukung pendidikan tinggi berbasis riset dan teknologi, Institut Teknologi Sumatera (ITERA) meresmikan penggunaan Laboratorium Teknik II.

Peresmian dilaksanakan di gedung Laboratorium Teknik (Labtek) II ITERA, Sukarame, Bandarlampung, Senin (27-1-2020).

Rektor Itera, Ofyar Z Tamin mengatakan, bangunan baru ini merupakan penunjang akademis. Bangunan ini juga merupakan yang ketiga sejak peresmian Labtek I tahun 2018 dan Labtek III pada 2019.

"Labtek II merupakan infrastruktur penunjang akademis yang dibangun dengan skema dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun anggaran 2019. Tahun ini Itera mendapatkan bantuan pendanaan melalui skema tersebut dengan total anggaran Rp91,3 miliar," ujarnya.

SBSN adalah pembiayaan proyek dengan meminjam dana sukuk bersumber dari dana haji, dalam prosesnya menggunakan prinsip pendanaan syariah, dan syarat mengakses dana harus perguruan tinggi negeri atau membiayai proyek strategis negara.

"Proses pembangunan memakan waktu sembilan bulan terhitung sejak Maret hingga Desember 2019," ujarnya.

Pembangunan Labtek II menggunakan anggaran sebesar Rp42 miliar, sementara pengadaan peralatan laboratorium mencapai Rp29 miliar.

Selain Labtek II, ITERA juga mendapatkan bantuan dana SBSN untuk pengadaan alat laboratorium teknik III senilai Rp15 miliar, pengadaan furnitur gedung Rp3 miliar, dan pengadaan jaringan elektronik dan lanskap total Rp3 miliar.

"Labtek II ITERA merupakan laboratorium terpadu yang akan menjadi tempat praktikum lintas program studi, rencananya akan ada puluhan laboratorium, untuk 13 program studi," tambahnya. (rft)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos