PKBM Pulau Tegal Berkurban Enam Kambing

img
Ketua PKBM Pesona Pulau Tegal, Kabupaten Pesawaran Uniroh Utami

MOMENTUM, Telukpandan--Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pesona Pulau Tegal bersama Lazdai Lampung melaksanakan pemotongan hewan kurban berupa enam ekoer kambing, pada Idul Adha 1441 Hijriah. 

Proses pemotongan hewan kurban dilaksanakan di Desa Gebang, Pulau Tegal, Kecamatan Telukpandan, Kabupaten Pesawaran.

Para guru PKBM dan relawan Lazdai sedikit kesulitan saat memindahkan hewan kurban dari daratan ke atas perahu di dermaga Hulu. Dermaga itu merupakan dermaga pengganti yang tidak memiliki fasilitas layaknya dermaga pada umumnya.

Direktur Lazdai Yusuf Effendi menyampaikan, pelaksanaan kurban kali ini sedikit berbeda karena hewan kurban yang akan disembelih harus diangkut menggunakan perahu dari dermaga Hulu menuju Pulau Tegal dengan waktu tempuh sekitar satu jam menggunakan perahu.

“Alhamdulillah kurban hari ini terasa sangat istimewa karena penyembelihan enam ekor kambing dilaksanakan di Pulau Tegal, semoga bermanfaat bagi masyarakat disini,” kata Yusuf pada Harianmomentum.com, Senin (3-8-2020.

Ketua PKBM Peseno Pulau Tegal Uniroh Utami menerangkan, ibadah kurban bukan semata sarana berbagai daging kurban. Lebih dari itu sebagai tambahan edukasi dan wawasan bagi para murid PKBM dan  warga Pulau Tegal.

“Warga Pulau Tegal sampai saat ini belum begitu memahami cara bersosialisasi dengan baik dan bebas. Jadi selain bagi-bagi kurban kami juga mengajarkan sosialisasi kepada warga melalui orang-orang baru yang saya bawa ke sini,” kata Uniroh.

Pada pelaksanaan kurban yang diadakan oleh PKBM Pesona Pulau Tegal bersama Lazdai kali ini, dibagikan 100 paket daging sapi dan enam ekor kambing kepada warga setempat dan warga di kawasan Pantai Sari Ringgung.

PKBM Pesona Pulau Tegal,  sudah empat tahun membuka kegiatan belajar mengajar kejar paket A dan B atau setara SD dan SMP untuk warga setempat.

Laporan: Rifat Arif

Editor: Munizar



Leave a Comment