Metro Bangun Kios Cinderamata di Lokasi Wisata Capit Urang

img
Proyek pembangunan kios di lokasi pariwisata Capit Urang, Kecamatan Metro Utara. Foto. Pie.

MOMENTUM, Metro--Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Metro menganggarkan dana sekitar Rp866 juta untuk membangun kios cinderamata di lokasi wisata keluarga Capit Urang, Metro Utara.

Kepala Disporapar Kota Metro, Tri Hendriyanto mengatakan pembangunan kios tersebut akan diperuntukkan bagi pedagang cindramata khas Kota Metro.

"Supaya sarana prasarana di tempat wisata kita ini cukup. Makanya dibangun kios-kios untuk pedagang. Kan kalau sarana prasarananya lengkap, pengunjung pasti tertarik. Sekarang masih proses pengerjaan," kata dia pada Harianmomentum.com, Jumat (30-10-2020).

Dikatakannya, kios tersebut akan dipergunakan pedagang setempat yang belum memiliki tempat untuk berjualan.

"Di sana kan warga banyak yang dagang di sekitar lokasi. Nah, rencananya, pedagang yang ada sekarang ini nanti akan dipindahkan ke kios cindramata itu kalau sudah rampung dikerjakan," ujarnya. Kios itu akan dikelola bersama dengan warga setempat.

"Masih kami rencanakan nanti mekanisme pengelolaan kios itu seperti apa. Mau disewakan atau bagaimana, sekarang masih dalam pembahasan. Intinya supaya lokasi wisata di Metro ini mampu menunjang pendapatan PAD," tambahnya.

Pengawas lapangan pengerjaan proyek kios cinderamata tersebut, Aan mengatakan pembangunan kios yang dikerjakannya saat ini masih dalam proses pengerjaan.

"Saat ini proses pembangunan sudah sampai 60 persen. Sebelum akhir tahun ini pasti selesai dan pedagang bisa langusng menempati," ujarnya.

Dia menjelaskan, nilai pengerjaan proyek yang mencapai Rp866,573 juta dialokasikan untuk pembangunan delapan kios cindramata.

"Ada delapan kios. Dan semuanya masih proses pengerjaankan. Yang pasti selesai sesuai target waktu yang ditentukan dalam kontrak kerjanya," jelasnya.(**)

Laporan: Adipati Opie/Rio

Editor: M Furqon.


Editor: Harian Momentum


Leave a Comment