Hasil Proyek JIT Retak-Retak, DKP3 Metro Sebut Faktor Cuaca

img
Hasil pekerjaan proyek JIT di Kelurahan Metro, Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro

MOMENTUM, Metro--Faktor cuaca menjadi penyebab keretakan bangunan jaringan irigasi tresier (IUT) di Kelurahan Metro, Kecamatan Metro Pusat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang PPHP pada  Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Metro Herman Susilo menanggapi keluhan masyarakat terkait kerusakan hasil pekerjaan proyek tersebut.

"Soal tresier itu sudah retak-retak karena perubahan cuaca saat ini yang tidak menentu. Ditambah air harus mengalir karena saat ini masuk musim tanam," kata Herman pada Harianmomentum.com, Selasa (24-11-2020).

Menurut dia, volume material pada pengerjaan JIT sudah sesuai spesifikasi dan gambar perencananya. "Pekerjaan ini sudah sesuai dengan RAB (rencana anggaran belanja) dan sudah sesuai dengan gambar perencanaan," tegasnya. 

Meski demikian, dia akan meminta kepada rekanan pelaksana proyek JIT tersebut segera melakukan perbaikan. "Pekerjaan ini kan belum serah terima. Jadi masih tanggung jawab pemborongnya. Jadi ya nanti diperbaiki," tambahnya.

Walau begitu, dia enggan menjelaskan mekanisme pengawasan yang dilakukan pihak konsultan terhadap proses pengerjaan proyek JIT tersebut.

Hal senada disampaikan Kontraktor pelaksana royek tersebut, Ihsan. "Pekerjaan itu sudah sesuai dengan gambar volumenya, dan soal retak-retak itu seharusnya konfirmasi dulu dengan saya," ujarnya.

Dia berjanji segera melakukan perbaikan pada dinding bangunan JIT yang  retak. "Saya telepon tukangnya dulu, supaya lekas diperbaiki," ujarnya. (**)

Laporan: Adipati Opie/Rio

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos