Jadi Barang Bukti KPK, Inikah Sepeda yang Disita dari Edhy Prabowo?

img
KPK memamerkan barang bukti dari kasus yang menjerat Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Terdapat barang-barang mewah yang disita KPK dalam kasus ini.(ant)

MOMENTUM, Jakarta--Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memamerkan sejumlah barang bukti dalam kasus korupsi Edhy Prabowo. Salah satunya adalah sebuah sepeda yang diyakini roadbike dengan harga mahal.

Seperti yang dilansir detik.com, Kamis (26-11-2020), barang bukti yang ditunjukkan KPK dalam kasus dugaan korupsi Edhy Prabowo di antaranya adalah jam tangan Rolex dan tas Louis Vuitton. Selain itu penyidik KPK juga memamerkan sepeda yang masih terbungkus rapi dalam kotak kardus.

Saat dikeluarkan terlihat frame sepeda berkelir kombinasi putih (atau abu-abumuda) dan oranye. Selain itu wheelset sepeda juga diangkat petugas masih dalam posisi belum terpasang dan terbungkus.

KPK tidak memberikan informasi lebih lanjut terkait sepeda tersebut. Pembahasan soal merek dan jenis sepeda yang disita KPK ini kemudian marak dibicarakan di grup-grup komunitas roadbike.

Ada yang menyebut sepeda tersebut adalah Specialized S-Works Tarmac. Dilihat dari situs Specialized, memang ada Specialized S-Works Tarmac dengan kelir oranye kombinasi putih seperti sedikit terlihat saat ditunjukkan KPK.

Frameset yang diangkat oleh petugas KPK menunjukkan warna putih pada bagian seat tube dan downtube. Corak oranye juga terlihat pada sisi head tube yang menyembul.

Berapa harga sepeda ini? Di situs resmi Specialized, banderol harga yang terpasang adalah USD 10.000. Atau sekitar Rp 141,25 juta.

Ada juga yang menduga sepeda tersebut merupakan S-Work Roubaix, yang juga diproduksi oleh Specialized. Meski situs resmi Specialized hanya tersedia dua pilihan warna yakni Gloss Tarmac Black dan Satin Carbon/Metallic White Silver, sebenarnya tersedia pilihan warna kombinasi Gloss Dove Gray/ Rocket Red/ Black.

Jika melihat foto di bawah ini, memang ada kemiripan antara S-Work Roubaix dengan sepeda yang disita KPK. Itu bisa dilihat pada bagian head tube dan down tube yang sedikit terlihat.


S-Work RoubaixS-Work Roubaix Foto: ibkbike

Di situs ibkbike, yang berlokasi di Spanyol, sepeda S-Work Roubaix ini dibanderol dengan harga eur 6.818. Itu setara dengan Rp 114,8 juta.

Specialized merupakan produsen sepeda asal Amerika Serikat. Berdiri pada 1974, Specialized telah menjadi salah satu merek roadbike paling ternama di dunia dan Indonesia.(**)

Editor: detikcom/Agus Setyawan






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos