Penerbangan Perintis Bandara Gatot Subroto Mulai Beroperasi

img
Penerbangan perintis melalui Bandara Gatot Subroto mulai beroperasi

MOMENTUM, Waytuba--Setelah sekian lama dinanti, akhrinya jalur penerbangan perintis dari Bandara Gotot Subroto, Kecamatan Waytuba, Kabupaten Waykanan mulai beroperasi.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Way Kanan Yusron Lutfi mengatakan, penerbangan perintis dari Bandara Gototo Subroto akan dimulai Senin 30 November 2020 mengunakan pesawat Susi Air. 

"Penerbangan perinbtis perdana dari Bandara Gatot Subroto ini bagian dari realisasi upaya Pemkab Waykanan membuka jalur penerbangan komersial dari Lapangan Udara TNI Angkatan Udara (Lanudad) Gatot Subroto," kata Yusron, Minggu (29-11-2020).

Pada tahap awal, penerbangan perintis melalu Bandara Gotot Subroto dilakukan empat kali dalam sepeken: Senin, Rabu, Kamis dan Sabtu.

"Untuk rute awal penerbangan perintis ini: Palembang-Waykana, Waykana-Palembang, Lampung (Bandara Radin Inten II)- Waykanan dan Waykanan-Bandara Radin Inten II," terangnya.

Semestinya, lanjut dia, semestinya penerbangan perintis dan komersial dari Bandara Gatot Subroto dilaluikan pada akhir tahu 2019 lalu. Namun, tertunda karena adanya pandemi covid-19.  

"Pada awal bulan April 2020, saat itu Bupati Wayakan Raden Aadipati Surya sebelum beliau cuti, secara khusus kembali melayangkan surat dan langsung berkoordinasi dengan pejabat tingggi TNI AU, TNI AD dan Kementerian Perhubungan RI agar dapat segera merealisasikan penerbangan di Bandara Gatot Subroto. Realisasinya (penerbangan perdana) besok bisa kita saksikan bersama," tuturnya. (**)

Laporan: Novita Sari

Editor: Munizar




Leave a Comment