Separuh dari Jumlah Nakes di Pesawaran Sudah Divaksin

img
Ilustrasi/ist

MOMENTUM, Gedongtataan--Pemerintah Kabupaten Pesawaran menargetkan vaksinasi covid-19  untuk para tenaga kesehatan (nakes), rampung pada pertenghan Februari tahun 2021.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Pesawaran dr.Aila Karyus mengatakan, sampai hari kedua pelaksanaan vaksinasi, jumlah nakes yang telah mendapat suntikan vaksin tersebut mencapai 50 persen.

"Kalau untuk jumlah nakes kita yang terdaftar itu, ada sekitar 1.296 orang. Selama dua hari pelaksanaan vaksinasi. Jumlah nakes yang menerima vaksin sudah mencapai 50 persen," kata Aila, Minggu (31-1-2021).

Aila menyebut, lokasi penyuntikan vaksin, dilakukan di 15 puskesmas yang tersebar pada 11 kecamatan dan satu rumah sakit umum daerah (RSUD). "Jadi nakes  yang sudah terdaftar di Pesawaran, tidak akan menerima vaksin lagi di tempat lain, meskipun mereka berdomisili di luar Pesawaran," terangnya.

"Kita targetkan vaksinasi di semua faskes (fasilitas pelayanan kesehatan) ini, selesai pertengahan bulan Februari," jelasnya,

Menurut dia, jumlah nakes pada setiap puskesmas  bervariasi. Penyuntikan vaksin dilakukan dua tahap dalam jeda waktu 14 hari. 

Aila mengimbau, seluruh nakes yang telah menerima vaksinasi tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Bukan hanya masyarakat, para nakes yang telah menerima suntikan vaksin juga harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan covid-19," imbaunya.

Dia menerangkan, vaksin tersebut berfungsi untuk membentuk kekebalan daya tahan tubuh, jika terpapar covid-19. Karena itu, pencegahan agar tidak terpapar harus tetap dilakukan dengan selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan: memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan. (**)

Laporan: Rifa Arif

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos