Realisasi Seribu Sapi dari Kementan Sudah 100 Persen

img
Kepala Dinas PKH Lampung Lili Mawarti.

MOMENTUM, Bandarlampung--Bantuan seribu sapi dari Kementerian Pertanian untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung telah terealisasi 100 persen.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Lampung Lili Mawarti menjelaskan, seribu sapi sudah didistribusikan ke lima kelompok di Lampung Selatan.

"Untuk seribu desa sapi pengadaannya sudah seratus persen dan telah didistribusikan ke setiap kelompok," kata Lili saat diwawancarai Kamis (8-4-2021).

Lima kelompok yang menerima bantuan itu antara lain: Kelompok Barokahjaya di Desa Wonodadi, Kelompok Bumiasih Sejahtera di Desa Wawasan, Kelompok Sukamaju 2 Desa Purwodadi. Lalu, Kelompok Sumberrejeki di Desa Bangunsari dan Kelompok Sudimakmur 3 Desa Sidomukti.

Baca juga: Pemprov Terima Bantuan Seribu Sapi dari Kementan

Dia merinci, bantuan tersebut terdiri dari 500 ekor sapi indukan dan 500 ekor sapi untuk bakalan. "Masing-masing kelompok akan menerima 200 ekor, seratus indukan dan seratus bakalan," ujarnya.

Dia menjelaskan, Dinas PKH Lampung tetap akan mendampingi pengembangan seribu desa sapi tersebut.

"Kita mengajak stakeholder terkait untuk memberikan pendampingan dalam pengembangan seribu desa sapi ini," terangnya.

Dia menyebutkan, untuk 500 sapi bakalan yang digemukkan akan dijual. Lalu hasil penjualannya dibelikan kembali sapi bakalan.

"Jadi programnya tidak terputus. Misalnya hasil penjualan itu Rp10 juta, Rp5 jutanya dibelikan sapi dan sisanya masuk kas kelompok untuk pembelian pakan," jelasnya.

Meski demikian, untuk menjual sapi bakalan masih menunggu berita acara hibah dari Kementerian Pertanian. "Jadi tidak bisa sembarangan dijual," ucapnya. (**)

Laporan/Editor: Agung DW



Leave a Comment