Produk Galeri Tapis Pesawaran Tembus Mancanegara

img
Wakil Ketua Galeri Tapis Pesawaran Redawati

MOMENTUM, Gedongtataan--Sulaman benang emas dengan berbagai motif khas berpadu dengan warna cerah, menjadi ciri utama Kain Tapis. Kain tradisional masyarakat Lampung itu memang sudah sangat dikenal masyarakat luas, bahkan merambah ke level internasional. 

Salah satu produk kain tapis yang merambah pasar internasional berasal dari Galeri Tapis di Desa Negerikaton, Kabupaten Pesawaran.   

Wakil Ketua Galeri Tapis Pesawaran Redawati mengatakan, galeri tersebut awalnya milik Desa Negerikaton. Untuk lebih mengembangkan pemasaran produk, sejak tahun 2017 pengelolaan Galeri Tapis dilakukan langsung oleh Pemkab Pesawaran.

"Tahun 2014, Galeri Tapis ini masih dikelola Desa Negerikanton. Sejak tahun 2017 dikelola Pemkab Pesawaran. Alhamdulillah, berkat dukungan Pemkab Pesawaran, produk galeri tapi makin berkembang. Bahkan sudah menembus pasar mancanegara," kata Wakil Ketua Galeri Tapis Pesawaran Redawati, Minggu (27-6-2021).

Geleri Tapis Pesawaran, bukan hanya menghasilkan produk kain tapis, tapi juga beragam jenis kelengkapan busana dan aksesoris, seperti: tas, selendang, peci atau kopiah, topi serta masker yang semua berbahan dan bermotif tapis.

“Buat pelanggan yang mau melihat langsung produk kami silahkan datang langsung ke Rumah Galeri Tapis Jalan Brantiraya Desa Negerikaton," ajaknya.

Dia berharap, dukungan dari pemerintah daerah dapat terus ditingkatkan, agar produk kain tapis khas Kabupaten Pesawaran bisa semakin luas merambah pasar mancanegara. (**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Munizar


Editor: Harian Momentum


Leave a Comment