Musda Demokrat Lampung, DPP Tentukan Nasib Ridho-Edy

img
Partai Demokrat Lampung.

MOMENTUM, Bandarlampung-- Petahana Ketua DPD Demokrat Lampung M Ridho Ficardo bertarung dengan Edy Irawan Arief, pada musyawarah daerah (Musda) V.

Namun, hasil akhir dari persaingan dua kandidat calon Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Lampung itu akan ditentukan Dewan Pengurus Pusat (DPP).

Saat ini, keduanya telah mengantongi masing- masing sembilan suara dari 18 pemilik suara sah.

Diantaranya: 15 suara dari ketua dewan pimpinan cabang (DPC) Demokrat, satu suara masing-masing dari DPP dan DPD serta organisasi sayap partai.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun harianmomentum.com, Muhammad Ridho Ficardo berhasil mendapatkan dukungan dari sembilan DPC.

Antara lain: DPC Demokrat Kota Metro, DPC Demokrat Kabupaten Lampung Timur, Lampung Tengah, Lampung Utara, Lampung Barat, Waykanan, Tulangbawang Barat, Pesawaran dan Pringsewu.

Sedangkan Edy Irawan Arief, mengantongi enam dukungan suara: DPC Demokrat Kota Bandarlampung, DPC Demokrat Kabupaten Lampung, Tulangbawang, Mesuji dan Tanggamus serta Pesisir Barat.

Meski demikian, musda yang akan berlangsung di Hotel Sheraton Lampung, Kota Bandarlampung itu bukan untuk menentukan ketua DPD.

Ketua Steering Committee (SC) Musda DPD Demokrat Lampung Raden Muhammad Ismail mengatakan, musda hanya mengakomodir dukungan dari berbagai DPC yang ada di Lampung.

"Penentuan Ketua DPD Partai Demokrat Lampung dalam Musda V, tergantung DPP," ujarnya kepada harianmomentum.com, Ahad (24-10-2021).

Dia menegaskan, prosesi Musda V DPD Demokrat Lampung hanya sebatas penetapan calon ketua pimpinan partai tingkat provinsi.

"Itu semua (penentuan ketua) bukan di arena prosesi musda besok. Tapi di pusat (DPP, red), kita penetapan calon saja," tegasnya.

Sedangkan untuk jumlah pemilik suara, dia menyebutkan untuk Provinsi Lampung hanya terdapat 17 dukungan. Ditambah satu suara sayap partai dan satu suara dari DPP. 

Sementara Ketua Panitia Organizing Committee (OC) Musda DPD Demokrat Lampung, Julian Manaf mengatakan, secara keseluruhan pihaknya sudah siap melaksanakan Musda.

"Persiapan secara teknis maupun non- teknis sudah hampir mencapai 100 persen untuk pelaksanaan Musda besok," ujar Julian Manaf, Minggu (24-10).

Terkait pemilihan Ketua DPD Demokrat Lampung, Julian mengaku pihaknya tidak membuka pendaftaran.

DPP Partai Demokrat hanya akan melakukan verifikasi dukungan yang dibawa oleh calon Ketua DPD Demokrat Lampung.

"Misalnya si A ingin maju menjadi ketua, maka dia akan menyerahkan bukti dukungan kepada panitia. Kemudian dukungan itu akan diverifikasi DPP dengan memanggil setiap ketua DPC yang memberi dukungan," jelas Julian. 

Sekretaris DPD Demokrat Lampung ini melanjutkan, setelah dilakukan verifikasi dukungan, calon yang dinyatakan memenuhi syarat sebagai ketua akan diusulkan ke DPP.

Kewenangan untuk menetapkan Ketua DPD Demokrat Lampung periode 2021-2026 merupakan kewenangan DPP yang akan langsung ditetapkan oleh Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

"Jadi di Musda nanti, kita tidak langsung memilih ketua, tapi hanya menetapkan calon ketua yang memenuhi syarat saja," kata Julian Manaf. (**)

Laporan: Ira W/Vino AW

Editor: Andi Panjaitan






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos