Paguyban Pasundan Gelar Festival di Tulangbawang Barat

img
Kapolres Tubaba AKBP Sunhot P Silalahi membuka Lampung Sundance Art Festival Ke-6.

MOMENTUM, Panaragan--Paguyuban Pasundan Lampung menggelar Lampung Sundance Art Festival Ke-6 di Tulangbawang Barat, 30-31 Oktober 2021.

Festival dipusatnya di salah satu tempat wisata Tubaba, Taman Kebaikan Uluan Nughik, Kelurahan Panaraganjaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah.

Menurut Ketua Paguyuban Pasundan Provinsi Lampung, Bustomi Rosidi, orang Sunda yang dikirimkan ke Lampung oleh presiden pertama ke Sumberjaya Lampung Barat.

"Bisa dibayangkan, dari Lampung Barat begitu pesat berkembang hingga sampai ke Kabupaten Tulangbawang Barat," katanya, Sabtu (30-10-2021).

Bustomi menjelaskan, latar belakang dilaksanakan Lampung Sundance Art Festival di Tubaba adalah sebagai upaya memelihara dan silaturahmi, kebersamaan, dan melestarikan seni budaya daerah Sunda maupun Lampung serta untuk menjaga persatuan dan kesatuan.

"Dengan kegiatan ini semoga ke depan kita selalu kompak dan semakin kuat melestarikan kebudayaan dan seni untuk meningkatkan kemajuan daerah khususnya di Tulangbawang Barat," harapnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Pengelolan Wisata Menara Singer Provinsi Lampung, Saludin, mengatakan, kegiatan festival ini dinilai sangat baik, karena diselenggarakan secara kolaboratif antara budaya Sunda dan Lampung.

Dalam bentuk seni budaya dan kuliner melalui kegiatan ini selain dapat bersilaturahmi sekaligus berperan dalam upaya membangun Lampung di segala bidang.

"Diselenggarakannya kegiatan ini paling tidak ada dua hal yang dapat dipetik bersama yakni, pertama memperkokoh rasa persaudaraan dan hubungan tali silaturahmi di antara warga Lampung yang berasal dari Jawa Barat dan yang kedua menambah wacana seni budaya Provinsi Lampung," katanya.

Di tempat yang sama, Bupati Tubaba Umar Ahmad, menyampaikan, akulturasi budaya menjadi perhatian. Bukan hanya bicara seni, tetapi juga sudut pandang lainnya seperti pangan, lingkungan, dan lainnya.

"Terima kasih karena telah menjadikan Tubaba sebagai tempat Festval Sundance Art ke-6 tahun 2021 dan semoga menjadi ajang silaturahmi dan memperkokoh tali silaturahim kebersamaan," ucapnya. (*)

Laporan: Solihin.
Editor: M Furqon.


Editor: Harian Momentum


Leave a Comment