PKK Pesawaran Gelar Program BKL

img
Ketua TP PKK Pesawaran Nanda Indira Dendi membuka program BKL tahun 2017.

Harianmomentum--Ketua Tim Penggerak PKK Pesawaran Nanda Indira Dendi berhara seluruh satuan kerja dan kecamatan bersinergi menyukseskan program Binal Keluraga Lansia (BKL) tahun 2017 tingkat kabupaten setempat. 

 

Progam itu dilakukan dalam bentuk Pembinaan Peningkatan Kapasitas Kader dalam Ketahanan Keluarga Lansia \(P2K4L).

 

Hal tersebut disampaikan saat membukan kegiatan tersebut di Balai Desa Sungailangka, Kecamatan Gedongtataan, Rabu (4/10).

 

"Kepada seluruh pengelola keluarga berencana, mulai tingkat desa hingga kabupaten mari kita tingkatkan kinerja dan sinergitas antara pemerintah, terutama BKKBN Provinsi Lampung, agar pelaksanaan program pembangunan bidang kependudukan dan keluarga berencana di Kabupaten Pesawaran  dapat  berhasil,” kata Nanda.

 

Dia menerangkan BKL merupakan kegiatan yang dilakukan secara berkelompok dengan tujuan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan keluarga yang mempunyai orang tua atau lanjut usia.

 

"Secara umum tujuan program ini untuk meningkatkan kualitas hidup dalam mewujudkan lansia tangguh: sehat, mandiri, aktif dan produktif," terangnya.

 

Dia mengungkap, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk lansia di Indonesia terus meningkat. Kondisi itu menunjukkan Indonesia termasuk katagori negara dengan era penduduk menua.

 

"Besarnya jumlah penduduk lansia tentu saja dapat memberikan dampak positif maupun negatif. Positif apabila lansia dalam keadaan sehat, aktif, mandiri dan produktif serta dapat memberikan kontribusi yang positif bagi lingkungan dan masyarakat. Sebaliknya akan menjadi beban, apabila lansia memiliki berbagai permasalahan kesehatan, ekonomi sosial dan lingkungan,"  terangnya.

 

Karena itu, untuk mengatasi dampak negatif tersebut pemerintah perlu melakukan upaya serius. Salah satunya melalui pelaksanaan program BKL.

 

"Kaum lansia tetap  bisa berkarya dan memberi manfaat, untuk diri sendiri atau orang lain.Ini salah satu tujuan utama pelakasanaan program BKL,” terangnya.

 

Pada kesempatan itu, Nanda juga menyerahan dana insentif kepada  kader pembantu pembina keluarga berencana Desa (PPKBD) perwakilan dari 11 kecamatan.(eri)


Editor: Harian Momentum


Leave a Comment