Way Napal Meluap, Banjir dan Tanah Longsor di Lima Pekon

img
Anggota TNI membantu memersihkan daerah yang terkena banjir akibat meluapkan Way Napal.

MOMENTUM, Kelumbayan--Akibat curah hujan tinggi sejak malam, sejumlah tempat di lima pekon di Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus, sempat terendam banjir.

Hujan yang turun sepanjang malam hingga Rabu (15-12-2021) pagi, menyebabkan air Way Napal meluap dan mengakibatkan banjir serta tanah longsor.

Pada Kamis (16-12-2021), sejumlah rumah, pesawahan, balain pekon, jalan, sekolah, dan fasilitas umum lainnya masih terendam banjir. Luapan air juga membawa lumpur, pasir, kayu, serta beragam sampah.

Dandim 0424 Tanggamus, Letkol Arm Micha Arruan mengatakan ada lima pekon terdampak banjir Way Napal, dengan ketinggian bervariasi hingga dua meter.

"Beberapa titik yang terdampak yaitu Pekon Napal, Penyandingan, Susuk, Unggak, dan Negerikelumbayan. Banjir mencapai ketinggi dua meter di Pekon Napal. Di Pekon Penyamdingan hingga setengah meter," ujar Dandim.

Sementara tanah longsor terjadi di Pekon Batupatah, Paku, dan Merbau. Ada delapan rumah terkena longsor, masing-masing rumah mengalami kerusakan ringan hingga sedang. Longsor juga menyebabkan akses Pekon Umbar dan Paku terancam putus, jelasnya.

Menurut dia, anggotanya ke lokasi membantu warga membersikan matrial banjir serta tanah longsor. (*)

Laporan: Galih/Ijal.

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos