Kadin Lampung Siapkan Sembilan Program Bina UMKM

img
Focus Group Discussion (FGD) anggota Kadin (Kamar Dagang Indonesia) Provinsi Lampung membahas peningkatan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).Foto: dok. H-momen

Harianmomentum--Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Lampung menyiapkan sembilan program besar dalam membina usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah setempat.

Kesembilan program itu disepakati dari hasil focus group discussion (FGD) Kadin di Bandarlampung, Minggu (26/3).

Menurut Wakil Ketua Kadin Lampung Bidang UMKM Mustopa Endi Hasibuan, program pemberdayaan UMKM itu dibuat dalam rangka mendukung program percepatan pertumbuhan ekonomi Lampung. "Kadin ingin menyumpang konsep pemberdayaan UMKM agar target pertumbuhan yang dipatok Gubernur Lampung di 2017 tercapai," kata Endi Hasibuan, usai FGD.

Adapun program tersebut yakni fokus kepada lima produk unggulan pembinaan UMKM yaitu yakni fashion (tapis dan batik), kuliner, handycraft (kerajinan tangan), kakao, dan kopi. Melakukan sertifikasi produk bekerjasama dgn lembaga terkait, melakukan standardisasi produksi bekerjasama, dan membantu memperluas jaringan distribusi produk-produk UMKM.

Kemudian, memfasilitasi UMKM untuk mendapatkan akses bantuan permodalan dan pembiayaan. Membantu akses pemasaran melalu wahana pemasaran fisik antara lain dengan membuat rumah kreatif Kadin dan wahana pemasaran digital (pemasaran online). "Program lainnya, meningkatkan daya saing SDM dengan mengadakan pelatihan, seminar, workshop kepada pelaku UMKM maupun start up company di kalangan mahasiswa untuk menciptakan wirausahawan baru," kata Endi Hasibuan.

Program lainnya, meningkatkan peran wanita di UMKM, bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) untuk meningkatkan peran industri kreatif di Lampung. Lalu, bekerjasama dengan KADIN Provinsi se-Indonesia untuk memperpendek rantai distribusi antar daerah sehingga diperoleh economic cost yang jauh lebih efisien. "Kadin Lampung harus memanfaatkan jaringan yang luas untuk pemberdayaan UMKM ini," kata Ketua Umum Kadin Lampung Ary Meizari Alfian.(rls)






Editor: Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos