Mau Bibit Tanaman Gratis? Datang ke Persemaian Waysom

  • In Umum
  • 01 Apr 2022
  • Laporan Galih
  • 741 Views
img
Persemaian Permanen Waysom, Kotaagung, Kabupaten Tanggamus

MOMENTUM, Kotaagung--Sejak awal tahun 2022, tempat Persemaian Permanen Waysom, Kotaagung, Kabupaten Tanggamus berhasil memproduksi 800 ribu bibit tanaman.

Mandor Distribusi persemaian tersebut Yuni mengatakan, 800 ribu bibit tanaman yang diproduksi itu terdiri dari 28 jenis.

"Semuanya ada 28 jenis bibit tanaman kayu dan buah. Paling banyak jenis sengon 160 ribu bibit,  durian 95 ribu, pinang lokal 90 ribu dan lainyam seperti: medang, sonokeling, mangrove, mahoni, alpukat, petai, sirsak dan jengkol," papar Yuni mewakili  Manejer Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai, Hutan Lindung, Way Seputih-Way Sekampung (BLDAS HL WSS) Momo Sumarno, Jumat (1-4-2022).

Jenis-jenis bibit tanaman yang diproduksi di persemaian tersebut sesuai permintaan masyarakat. 

"Selain untuk program penghijauan, bibit yang kita produksi ini akan diberikan pada masyarakat secara perorangan atau kelompok untuk ditanam dan dirawat agar bisa menambah penghasilan," terangnya.

Masyarakat atau kelompok yang ingin mendapatkan bibit tanaman dari persemaian tersebut, cukup melampirkan fotokopi KTP, mengisi blanko permohonan, dan kendaraan angkutan untuk membawa bibit yang diminta.

"Sementara ini sudah ada 20 orang yang mendaftar untuk meminta bibit tanaman gratis. Setiap orang mendapat jatah maksimal 1.500 batang yang dibagi menjadi dua jenis: bibit pohon kayu dan buah," jelasnya.

"Kebanyakan masyarakat yang meminta bibit, berasal dari Kabupaten Pesisir Barat. Kalau  untuk Kabupaten Tanggamus dari Kecamatan Wonosobo dan Semaka," ungkapnya. (glh)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos