Arus Mudik di Jalinbar Semakin Padat, Bupati Pesawaran Minta Pengamanan Dioptimalkan

img
Bupati Peaawaran Dendi Ramadhona mengingatkan pemudik agar selalu berhati-hati dan mematuhi aturan lalu lintas

MOMENTUM, Gedongtataan--Tiga hari menjelang Idul Fitri 1443 Hijriyah, arus mudik di ruas Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Sumatera, Kabupaten Pesawaran, Lampung semakin padat.

Terkait hal tersebut, jajaran Pemkab Pesawaran bersama Polres setempat terus mengoptimalkan upaya pengamanan dan kelancaran arus mudik dan bali lebaran.

"Pemkab bersama polres sudah membentuk sejumlah posko mudik di sejumlah lokasi. Fungsi posko-pokso itu terus kita optimalkan, terlebih saat itu arus mudik di Jalan Lintas Barat Sumatera sudah semakin padat," kata Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona saat meninjau posko mudik di kawasan bundaran Tugu Pengantin, Kecamatan Gedongtataan, Jumat (29-4-2022).

Bupati juga mengimbau kepada masyarakat, terutama para pemudik agar lebih berhati-hati, mengingat kondisi Jalan Lintas Barat yang kurang mendukung untuk kelancaran arus mudik: sempit dan banyak lapisan aspal yang bergelombang.

"Hati-hati dan selalu patuhi aturan lalu lintas. Jika lelah, sebaiknya istirahat di posko-posko yang sudah kita siapkan," imbaunya.

Untuk mengoptimalkan pemantaun dan pengamanan arus mudik, pemkab bersama polres juga telah memasang sejumlah kamera pengawas atau CCT di sejumlah lokasi. 

Kapolres Pesawaran AKBP.Pratomo Widodo memperkirakan selama dua hari ke depan masih akan terjadi peningkatan arus mudik.

"Jadi kemungkinan malam ini (Jumat, 29 April 2022) sampai besok akan ada peningkatan arus mudik di jalur Lintas Barat Sumatera kerena saat ini sudah masuk masa libur lebaran," kata kapolres.

Untuk mengantisipasi kemacetan, Polres Pesawaran juga telah mempersiapkan rencana rekayasa lalu lintas.

"Kalau untuk saat ini kita belum akan melakukan rekayasa lalu lintas karena status kepadatannya masih ramai lancar atau zona kuning. Nanti kalau sudah masuk zona merah, tidak menutup kemungkinan kita akan melakukan rekayasa lalu lintas," tegasnya.

Selain itu, personel Polres Pesawaran juga akan melakukan pengawalan pemudik yang melakukan perjalanan malam hari.

"Pemudik yang melakukan perjalanan malam hari akan kita beri pengawalan secara estafet," ungkapnya. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos