Pascalibur Lebaran, Tingkat Kehadiran ASN Pemkab Pesawaran Capai 98 Persen

img
Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran Syukur mengecek kehadiran pegawai di salah satu kantor dinas

MOMENTUM, Gedongtataan--Usai libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, pelayanan pada sejumlah kantor dinas di lingkup Pemkab Pesawaran dipastikan kembali berjalan normal.

Kepastian tersebut disampaikan Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran Syukur usai inspeksi mendadak ke sejumlah kantor dinas setempat, Senin (9-5-2022).

"Tadi sudah kita pantau ke sejumlah kantor organisasi perangkat daerah, seperti: Disdikbud, Dinas PUPR dan Perkim, tingkat kehadiran pegawai pada hari pertama kerja usai libur lebaran ini, rata-rata mencapai 98 persen. Jadi kita pastikan pelayanan publik di kantor-kantor dinas kembali berjalan normal," kata Syukur.  

Dia memastikan, tidak ada kelonggaran bagi aparatur sipil negara (ASN) untuk memperpanjang masa liburan.    

"Meski ada kebijakan relaksasi pascaliburan Idul Fitri, namun bukan berarti ASN yang masih terjebak (kemacetan) saat kembali mudik dapat memperpanjang masa liburan," tegasnya.

Menurut dia, hasil sidak tersebut juga tidak serta merta memberikan sanksi bagi ASN yang belum masuk pada hari pertama kerja usai libur lebaran.

"Kita lihat dulu keterangannya apa, kenapa belum masuk kerja. Jadi tidak langsung memberikan sanksi. Kalau dia (ASN) itu baru pulang dari Surabaya misalnya, tentu akan diberikan pertimbangan. Kemudian ada ASN yang tidak karena cuti hamil, tentu ada ketentuan yang berlaku," terangnya.

Terpisah, salah satu masyarakat Pesawaran mengapresiasi tingkat kehadiran pegawai pemkab tersebut. Menurut dia, kondisi tersebut mencerminkan peningkatan kesadaran ASN terhadap tugas dan kewajibanya sebagai pelayanan masyarakat.

"Ini patut dipertahankan dan ditingkatkan. ASN itukan pelayanan masyarakat, jadi kalau sudah dikasih waktu libur, saatnya masuk kerja ya masuk. Jangan malah nambah libur dengan berbagai dalih," katanya  (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos