Pilkakon E-Voting di Pringsewu Diwarnai Listrik Padam dan Peralatan Eror

img
Bupati Pringsewu Sujadi dan Kapolres AKBP Rio Cahyowidi memantau pelaksanaan untuk pertama kali Pilkakon serentak secara e-Voting.

MOMENTUM, Pringsewu--Pemilhan kepala pekon (pilkakon) serentak secara e-voting di Kabupaten Pringsewu berlangsung aman. Meski sempat diwarnai listrik padam dan peralatan eror.

Pilkakon seretak di 19 pekon/desa diikuti 55 calon kepala pekon, berlangsung pada Rabu 18 Mei 2022.

Untuk wilayah Kecamatan Gadingrejo, ada empat pekon yang melaksanakan pilkakon. Hingga pukul 17.00 Wib sudah diketahui hasilnya. Sementara pekon lain, masih dalam proses.

Berikut hasil pilkakon di Kecamatan Gadingrejo. Pekon Kediri pemenangnya Catur Indahyani. Pekon Wonodadi pemenangnya Supriyono. Pekon Blitarejo pemenangya Prayitno. Pekon Wates Induk pemenangnya Suryo Dwi Saputra.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP) Pringsewu Iskandar Muda didampingi Sekretaris DPMP Tri Haryono mengakui pelaksanaan pilkakon secara e-voting menemui kendala, namun dapat teratasi.

Kendala itu seperti beberapa kali lampu padam,  peralatan elektronik ngadat bahkan error, serta masih masyarakat yang kurang memahami e-voting.

"Hal itu masih wajar, karena baru pertama kali Pilkakon secara e-Voting digelar di Kabupaten Pringsewu. Nanti berbagai kendala itu akan kami evaluasi,"jelasnya

Iskandar Muda pelaksaan Pilkakon secara e-Voting tersebut, secara langsung juga tidak langsung dapat menciptakan desa cerdas kususnya dalam menggunakan elektronik tersebut.

Sekdis PMP Tri Haryono menambahkan, pilkakon e-eoting diikuti 55 calon kapekon, tersebar di 19 pekon dan delapan kecamatan. Jumlah mata pilih yang terdaftar mencapai 44.396 orang tersebar di 98 tempat pemungutan suara (TPS).

Sementara itu terkait pilakakon serentak itu Bupati Pringsewu Sujadi dan Kapolres AKBP Rio Cahyowidi serta pihak Pamatwil Polda Lampung melakukan peninjauan  pesta demokrasi itu di balai pendopo Pekon Wonodadi, Gadingrejo, Pringsewu, Rabu (18/5/2022).

Peninjauan itu guna melihat secara langsung situasi baik proses maupun kendala dalam pelaksanaan pilkakon untuk pertama kali menggunakan sistem baru yakni e-voting.

Dia menjelaskan, pilkakon serentak yang dilaksanakan di 19 pekon dan diikuti 55 calon kepala pekon sampai saat masih berlangsung.

Meskipun di sejumlah TPS terdapat kendala teknis terkait perangkat e-voting, namun secara umum situasi Kamtibmas masih aman dan kondusif.

"Dari hasil pemantauan yang kami lakukan, proses pemungutan pilkakon berjalan lancar meskipun sebagian tempat terdapat kendala terknis," ungkap Rio di Balai Pekon Wonodadi, Kecamatan Gadingrejo.

Kapolres menuturkan,  aparat kepolisian bersama TNI dan Pemda akan terus mengawal dan mengamankan pelaksanaan pilkakon hingga selesai.

Menuturnya, untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat, pihaknya menerjunkan 790 personil gabungan. Selain diturunkan di lokasi pemilihan, sebagian personil ditugaskan untuk melaksanakan patroli di daerah-daerah rawan.

"Ini semua untuk memastikan pelaksanaan pilkakon serentak diKabupaten Pringsewu bisa berjalan dengan aman dan lancar," imbuhnya. (*)


Editor: Munizar


Leave a Comment