Padang Arafah Siap Sambut Jemaah Haji Akbar

img
Pedamping Haji Daerah Lampung Timur mempersiapkan maktab untuk wukuf di Arafah.

MOMENTUM, Makkah--Pemerintah Arab Saudi telah mempersiapkan padang Arafah sebagai tempat pelaksanaan wukuf atau puncak ibadah haji 9 Dzulhijjah 1443 Hijriah atau 8 Juli 2022.

Pelaksaan wujud di padang Arafah yang jatuh pada hari Jumat, dikenal dengan haji akbar. Pada 2022, hanya sekitar satu juta umat Islam dari seluruh dunia yang melaksanakan ibadah haji. Pembatasan jumlah jemaah dilakukan Pemerintah Arab Saudi untuk mengantisipasi dampak pandemi Covid-19.

Dari satu juta jemaah haji tahun ini, hanya sekitar 15 persen dari Arab Saudi. Selebihnya, 85 persen merupakan jemaah haji dari berbagai penjuru dunia. Termasuk jemaah haji asal Indonesia yang merupakan jemaah terbanyak sejumlah 100.051 orang.

Pendamping Haji Daerah Lampung Timur Ahmad Faoji menjelaskan, padang Arafah telah siap menyambut jemaah haji akbar. Terlihat petugas kepolisian Arab Saudi mulai mensterilkan wilayah Arafah dengan menjaga secara ketat pintu masuk ke wilayah padang Arafah.

Jarak ke Arafah dari maktab jemaah haji asal Lampung Timur sekitar 2,5 km. Menurut dia, Sepanjang jalan menuju Arafah terdapat tujuh pos penjagaan polisi yang merazia kendaraan dari Mekah menuju Arafah maupun sebaliknya.

"Setiap kendaraan yang melintas akan diberhentikan dan dilakukan pemeriksaan kartu atau tanda haji yang disebut kartu Tasrikh, kendaraan yang tidak memiliki kartu akan diminta putar balik," kata Ahmad Faoji kepada Harianmomentum.com, Ahad (3-7-2022).

Ditambahkannya, saat memasuki maktab di Arafah, banyak pekerja menyelesaikan pekerjaannya, seperti memasang mesin pendingin atau AC, alas tenda, memasang kasur, memperbaiki lampu jalan dan lain-lain.

"Maktab jamaah haji asal Lampung yang berjumlah 3.198 orang akan ditempatkan di Maktab 18," ujar Ahmad Faoji.

Lebih lanjut, jamaah haji akan mendapatkan fasilitas mewah selayaknya jamaah haji plus.

"Jamaah haji tahun ini benar - benar istimewa dalam fasilitasnya, haji reguler tapi berasa haji plus.  Semua jemaah haji merasa senang dan puas dalam fasilitas dan pelayanan. Apalagi wukufnya pas hari Jumat. Suatu anugerah terindah dalam beribadah haji bisa wukuf pada hari Jumat atau yang disebut haji akbar. Karena pahala haji akbar sama dengan 70 kali ibadah haji. Atau seperti hajinya Rasulullah SAW," kata Ahmad Faoji.

Faoji menghimbau kepada seluruh jemaah menjelang pelaksanaan wukuf di Arafah untuk menjaga kesehatan, mengingat wukuf di Arafah merupakan rukun haji yang wajib diikuti oleh seluruh Jamaah.

"Jamaah haji asal Lampung Timur tergabung dalam Kloter 13 JKT, terdapat 4 orang jamaah yang sakit dan sudah didaftarkan untuk di Safari wukufnya, panitia haji di Mekkah baru akan memberikan jawaban H+3," katanya. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos