Lampung Barat Raih Penghargaan KLA Tingkat Madya

img
Jajaran Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Lampung Barat mengikuti acara penilaian KLA tahun 2022

MOMENTUM, Liwa--Lampung Barat kembali menerima penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) tingkat Madya tahun 2022 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Lampung Barat M Danang Harisuseno mengatakan, penilaian KLA itu dilaksanakan secara offline atau langsung dan virtual dari Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (22-7-2022).

"Alhamdulillah, hasil penilaian Kementerian PPPA, tahun ini kita (Kabupaten Lampung Barat) mendapat penghargaan KLA tingkat madya," kata Danang melalui telepon pada Harianmomentum.com.

Penilain tersebut, lanjut dia, didasari penerapan 24 indikator KLA yang dilaksanakan pemerintah daerah di seluruh Indonesia.

"Penghargaan ini bentuk apresiasi atas komitmen pemerintah daerah dalam mendukung pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak, yang meliputi penerapan 24 indokator," terangnya.

Penerapan indikator KLA merupakan konsep sistem pembangunan berbasis hak anak yang dilakukan melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, media dan dunia usaha.

Komitmen lintas sektor menjadi sangat esensial dan menjadi syarat terpenuhnya hak dan perlindungan khusus anak mengingat isu-isu yang melingkupi anak sangat komplek dan multisektoral.

"Tujuan penerapan KLA ini untuk menumbukan inisiatif pemerintah daerah agar lebih responsif terhadap kepentingan dan hak anak dalam kebijakan program  pembangun serta kemitraan dengan lembaga nonpemerintah," jelasnya. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos