Puslatpurmar 8 Tanam Mangrove di ECO Wisata Cuku Nyi Nyi

img
Komandan Puslatpurmar 8 Telukratai, Mayor Marinir Fuzi Nugraha saat menanam mangrove. Foto: Dispen Kormar

MOMENTUM, Telukpandan--Pusat Latihan Pertempuran Marinir (Puslatpurmar) 8 Telukratai menanam mangrove di ECO Wisata Cuku Nyi Nyi, Kecamatan Telukpandan, Kabupaten Pesawaran.

Penanaman itu, guna memperingati Hari Mangrove Sedunia yang dilaksanakan secara serentak di 77 lokasi di Indonesia melalui video conference dengan jumlah 1.000.377.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya bersama Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, memimpin penanaman mangrove yang dipusatkan di Tanjungpasir, Teluknaga Kabupaten Tangerang.

Komandan Puslatpurmar 8 Telukratai, Mayor Marinir Fuzi Nugraha mengatakan, penanaman mangrove itu, guna melindungi pantai dan sungai dari erosi serta abrasi.

"Kemudian, menahan angin kencang dari laut, menahan proses penimbunan lumpur serta mengembalikan peran dan fungsi mangrove, sebagai tempat berkembang aneka biota laut. Juga untuk pengembangan wisata alam," kata Fuzi.

Dia menerangkan, berdasarkan data, luas hutan mangrove dunia mencapai 16.530.000 hektar dan 20 persen atau sekitar 3.490.000 hektar ada di indonesia.

"Sebagian dalam kondisi kritis. Sehingga, TNI AL berperan besar guna mengembalikan kelestarian lingkungan hidup tersebut," terangnya.

Karena itu, dia mengimbau semua pihak agar peduli dalam menjaga lingkungan demi kelangsungan kehidupan, dengan cara tindakan nyata. Berupa mulai dari diri sendiri.

"Hal ini selaras dengan perintah harian Bapak KASAL Laksamana TNI Yudo Margono, tentang merubah menjadi lebih baik dengan meninggalkan budaya rutinitas yang tidak produktif," imbaunya. 

Turut hadir dalam penanaman mangrove itu, Danlanal Lampung, Danbrigif 4 Mar/BS beserta jajaran, Forkopimda Kabupaten Pesawaran dan siswa-siswi SMKN 6 Bandarlampung. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos