Pawai Budaya dan Parade Mobil Hias Jadi Penutup HUT ke-340 Bandarlampung

img
Kelurahan Pesawahan, Kecamatan Telukbetung Selatan menghias mobil menjadi perahu pada pawai kebudayaan di Tugu Adipura. Foto: IST

MOMENTUM, Bandarlampung--Pawai budaya dan parade mobil hias di Tugu Adipura menjadi penutup rangkaian acara peringatan hut ke-340 Kota Bandarlampung.

Acara bertajuk pawai pembangunan itu, menampilkan sejumlah budaya nusantara yang diikuti peserta dari kalangan pelajar hingga Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Bandarlampung.

Tampak sejumlah kendaraan dihias sedemikian rupa, mulai dari berbentuk perahu nelayan hingga botol vaksin dan alat suntik milik Dinas Kesehatan setempat.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Bandarlampung M Yudhi mengatakan, digelarnya pawai pembangunan itu, diharapkan dapat menjadi hiburan masyarakat.

"Semoga mampu menghibur masyarakat yang telah sekian lama tidak menyaksikan acara serupa, akibat pandemi covid-19," kata Yudhi.

Menurut dia, acara yang juga diikuti seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung itu, telah dipersiapkan sejak lama dan dinilai guna mendapatkan hadiah.

"Kriteria penilaian untuk parade mobil hias, berupa kreatifitas dalam mengangkat potensi yang ada pada masing-masing OPD, keindahan hingga artistik dan keunikan yang mengangkat kearifan lokal nusantara," jelasnya.

Dia menyebutkan, para pemenang dalam acara tersebut, mendapatkan hadiah berupa thropy, piagam hingga uang pembinaan.

Sementara, Walikota Bandarlampung Eva Dwiana menambahkan, digelarnya acara itu guna melestarikan kebudayaan serta mengangkat kearifan lokal. 

"Meski kita berdomisili di kota, tapi adat istiadat harus tetap dilestarikan. Begitu juga agama, harus diutamakan dan tidak ditinggalkan," kata Eva. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos