Lima Parpol Baru Daftar Kesbangpol Metro

img
Ilustrasi Jadwal pemungutan suara Pemilu 2024./ist

MOMENTUM, Metro--Sebanyak lima partai politik (parpol) baru telah terdaftar di Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Metro.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Metro, Rosita Mizi mengatakan, hingga saat ini ada empat yang mendaftar, diantaranya Partai Gelora, Partai Kedaulatan Rakyat (PKR), Partai Buruh, Partai Ummat dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).

"Ada lima yang sudah mendaftar, mereka terhitung baru dan wajib untuk mendaftar menjelang verifikasi tahapan Pemilu 2024," kata dia, Senin (1-8-2022).

Dia menambahkan, pendaftaran ini digunakan sebagai syarat dalam verifikasi agar lolos dan dapat mengikuti pemilu 2024. 

Terpisah, Ketua KPU Kota Metro, Nurris Septa Pratama mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum memastikan berapa partai yang lolos dalam tahap verifikasi menuju Pemilu 2024.

"Dalam tahapan ini ada beberapa kategori yang sesuai dengan PKPU 4. Seperti partai politik yang sudah lolos atau parlemen threshold, non threshold dan parpol baru," kata dia. 

Dia menjelaskan, untuk pendaftaran ini dilakukan di KPU RI melalui sistem informasi partai politik (Sipol) dan bisa diakses pada 14 Agustus mendatang. 

"KPU Metro belum mengetahui secara pasti berapa banyak yang lolos, karena memang ini hari pertama pendaftaran dibuka. Yang jelas, kami akan melakukan verifikasi faktual pada bulan Oktober setelah hasil Sipol diketahui," ujarnya.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos