Program Relawan Bakti BUMN, Kado BUMN untuk HUT Ke-77 RI

img
Kegiatan Bakti BUMN di Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Lampung Timur.

MOMENTUM, Labuhanratu-- Dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, Program Relawan Bakti BUMN untuk Indonesia hadir sebagai persembahan BUMN untuk Indonesia.

Program Relawan Bakti BUMN merupakan program inisasi Kementerian BUMN dalam memberikan kesempatan bagi para pegawai BUMN dari seluruh Indonesia untuk terlibat secara langsung memberikan baktinya membangun Indonesia melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Setelah Batch 1 diselenggarakan di Mandalika, Sumba, dan Danau Toba, pada Batch ke-2 kali ini Program Relawan Bakti BUMN akan diselenggarakan di enam lokasi yaitu Bakti BUMN untuk Karangasem di Bali, Bakti BUMN untuk Bunaken di Sulawesi Utara, Bakti BUMN untuk Badui di Banten.

Bakti BUMN untuk Surakarta di Jawa Tengah, Bakti BUMN untuk Way Kambas di Lampung dan Bakti BUMN untuk Anambas di Kepulauan Riau melalui kolaborasi 15 BUMN dan Yayasan BUMN Untuk Indonesia. Pendaftaran Program Relawan Bakti BUMN telah dibuka sejak 24 – 31 Juli 2022 lalu.

Menteri BUMN Erick menjelaskan, program Relawan Bakti BUMN akan dilaksanakan pada 14 - 17 Agustus 2022 dengan berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan langsung oleh para relawan berupa kegiatan edukasi dan bantuan terkait kesehatan dan pendidikan untuk siswa dan masyarakat, Penanaman Pohon, Pengembangan UMKM hingga Pelestarian Budaya.

Kata Erick, rangkaian Program Relawan Bakti BUMN ini akan ditutup dengan pelaksanaan Upacara HUT RI ke-77 yang secara serentak dilaksanakan dengan melibatkan masyarakat setempat.

"Ini akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi insan BUMN dapat merayakan hari kemerdekaan dengan masyarakat. Hal ini menjadi bukti bahwa sinergitas antara BUMN dan masyarakat harus terus terjalin erat," ucap Erick.

Erick Thohir mengajak secara langsung para pegawai BUMN untuk sama-sama mengambil bagian dalam berkontribusi terhadap pencapaian pembangunan berkelanjutan. Dari 9.845 orang pendaftar, telah terpilih 77 relawan pegawai BUMN yang siap berkontribusi nyata dalam Program Relawan Bakti BUMN.

"Program ini sesuai dengan komitmen kita bahwa BUMN harus hadir di tengah-tengah masyarakat. Tentu kali ini kehadiran BUMN sangat istimewa karena dilakukan di bulan kemerdekaan Indonesia," ujar Erick di Jakarta, Sabtu (13/8/2022).

Erick menilai peningkatan engagement pegawai BUMN itu sendiri merupakan salah satu dari 5 (lima) Prioritas Transformasi Utama Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan. Hal ini didorong dari pemahaman bahwa untuk mencapai tujuan yang berkelanjutan dibutuhkan partisipasi seluruh pegawai BUMN dari seluruh jenjang dan bidang untuk bersama-sama mengambil peran demi mencapai pembangunan berkelanjutan dan membangun sosial kemasyarakatan di lingkungan perusahaan.

Kementerian BUMN bersama BUMN berkomitmen untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) dengan terus mengimplementasi berbagai program. Erick berharap pelaksanaan Program Relawan Bakti BUMN dapat berjalan dengan lancar dan tujuan bersama atas pelaksanaan program dapat tercapai, demi membangun Indonesia untuk Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat.

"Semoga program yang baik ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Saya berharap program ini tidak berhenti di sini dan dapat berlanjut dengan berbagai inovasi ke depan," kata Erick menambahkan.

Khusus di Provinsi Lampung, Kegiatan dilaksanakan oleh tiga BUMN yakni PT Telkom, PT BA, dan PTPN VII. Kegiatan Bakti BUMN dipusatkan di Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Lampung Timur. Selama empat hari (15—17/8/22), dua belas relawan yang terseleksi dari BUMN itu mengadakan berbagai kegiatan dalam empat bidang. Yakni, pendidikan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan lingkungan hidup.

Mengangkat tema “The story of Human and Nature’s Life (Kisah Kehidupan Manusia dan Alam), acara dibuka GM PT Telkom Witel Lampung Susila Shine Sihombing di Elephant Eco Lodge, Komplek TNWK, Minggu (15/8/22). (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos