Solusi Bangun Andalas Berbagi Praktik Terbaik Teknik Peledakan

img
Muhammad Yasar, Mining Engineer SBA sedang memberikan penjelasan kepada para Inspektur tambang di Area Tambang Batu Gamping SBA, Senin 15 Agustus 2022.

MOMENTUM, Banda Aceh--Dalam rangka meningkatkan kompetensi Inspektur Tambang di lingkungan Direktorat Jenderal Minerba dan Batubara penempatan Provinsi Aceh, PT Solusi Bangun Andalas (SBA) menerima kunjungan lapangan dari tim Inspektur Tambang Kementerian ESDM RI.

Kunjungan itu untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman terbaik dalam hal penguasaan, pengembangan dan penerapan teknologi pertambangan dan peledakan yang dilakukan oleh SBA.

Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta Inspektur Tambang dan perwakilan dari Dinas ESDM Provinsi Aceh, Senin 15 Agustus 2022.

Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara Kementerian ESDM RI, Sunindyo Suryo Herdadi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada SBA yang telah mendukung program peningkatan kompetensi kepada Inspektur Tambang (IT) serta Calon Inspektur Tambang Kementerian ESDM penempatan Provinsi Aceh ini.

Kegiatan ini bertujuan agar seluruh IT mendapatkan pencerahan dan pembekalan secara teknis terkait proses peledakan pada area tambang serta dapat mengelaborasi materi dan aktivitas di lapangan yang sudah dilihat langsung hari ini.

“Sebuah kehormatan bagi kami dapat memfasilitasi kegiatan ini, SBA berkomitmen untuk senantiasa mengimplementasikan kaidah teknik pertambangan yang baik pada kegiatan operasional tambang serta siap untuk berbagi praktik-praktik terbaik dalam bidang pertambangan khususnya pada proses peledakan yang telah SBA lakukan kepada seluruh peserta. Hal ini merupakan bentuk nyata sinergi antara regulator dan perusahaan pemegang izin usaha pertambangan. Terima kasih kepada Direktur Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara/Kepala Inspektur Tambang Kementerian ESDM RI dan Dinas ESDM Provinsi Aceh atas kepercayaan dan dukungannya selama ini untuk SBA. Semoga kegiatan ini dapat berkontribusi positif bagi kemajuan industri pertambangan di Provinsi Aceh”, ungkap Anwar Bakti – Caretaker General Manager SBA dalam sambutannya.

Selain berdiskusi di kelas, seluruh peserta juga diajak untuk melihat langsung dummy bahan peledak dan melakukan observasi perangkaian bahan peledak di lapangan serta menyaksikan secara langsung proses peledakan.

“Terima kasih kepada SBA yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Kami dapat melihat langsung praktik teknik peledakan yang baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku pada salah satu komoditas bahan galian tambang di Aceh dari proses awal hingga akhir. Hal ini sangat berguna dalam meningkatkan kompetensi dan pemahaman kami terkait proses peledakan yang akan membantu kami dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai Inspektur Tambang dalam melakukan pengawasan serta pembinaan kepada perusahaan tambang pemilik IUP”, ujar Muhammad Hardi, ST., MT., Koordinator Inspektur Tambang KESDM Provinsi Aceh.

“Kegiatan hari ini sangat menarik dan bermanfaat dalam meningkatkan kompetensi kami. Terima kasih kepada SBA yang telah memfasilitasi kegiatan yang positif ini. Kami berharap sinergi dan kolaborasi ini dapat terus berjalan dengan baik dan berkelanjutan”, tambah Siti Fadhillah mewakili Dinas ESDM Provinsi Aceh.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos