Bandaragung Lamteng Juara Lomba Desa Regional Sumatera

img
Pemaparan lomba desa dan kelurahan di Kantor Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kemendagri, Jakarta, Senin 5 September 2022.

MOMENTUM, Jakarta -- Kampung Bandaragung, Kecamatan Terusan Nunyai Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) menjuarai Lomba Desa dan Kelurahan Regional I Wilayah Sumatera tahun 2022.

Saat ini, proses penetapan pemenang Kampung Bandaragung, telah memasuki tahapan pemaparan calon juara regional.  

Untuk menjadi juara regional, Bandaragung lolos dari berbagai tahapan lomba desa dan kelurahan tahun 2022. Pemaparan lomba desa dan kelurahan diselenggarakan di Kantor Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Senin 5 September 2022.

Hasil penilaian lomba desa dan kelurahan untuk mengikuti tahapan pemaparan calon juara tinggkat regional tahun 2022, ditetapkan 20 desa dan 19 kelurahan. Kabupaten Lamteng masuk regional I wilayah Sumatera.

Tahapan pemaparan lomba desa dan kelurahan tahun 2022, Selasa (6-9-2022), dibuka oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemdes Kemendagri Yusharto Huntoyungo. Dihadiri oleh Kepala Dinas PMDT Lampung, Zaidirina, Bupati Lamteng, Musa Ahmad, Asisten Pemerintahan Kesra Adi Sriyono, Kepala Dinas PMK Fathul Arifin beserta jajaran, Camat Terusan Nunyai, Kepala Kampung Bandaragung Selamet Sutopo, dan perangkat kampung.

Yuharto Huntoyungo mengatakan, pelaksanaan lomba desa dan kelurahan bertujuan mendorong dan memotivasi pemerintah desa dan kelurahan beserta masyarakatnya.

“Untuk bersaing dan berlomba secara sportif dan positif dalam meningkatkan kualitas tata kelola penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat desa dan kelurahan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMDT Lampung, Zaidirina mengatakan, Pemprov Lampung bangga dengan prestasi yang diraih Kampung Bandaragung.

“Pemprov sangat bangga karena salah satu kampung di Provinsi Lampung bisa sampai di tahap yang luar biasa,” jelasnya.

Ia menyatakan, cukup berat ini sampai ke pemaparan. “Mudah mudahan nanti kita bisa masuk lagi ke nominasi tiga besar serta para penguji bisa langsung melihat ke lapangan dan mudah mudahan kita bisa menjadi juara nasional,” ujarnya.

Bupati Lamteng, Musa Ahmad menjelaskan program program dan keunggulan Kampung Bandaragung adalah mempermudah pelayanan masyarakat.

“Mungkin di Sumatera hanya Kampung Bandaragung yang melakukan pelayanan secara digital. Sehingga masyarakat Bandaragung tidak perlu datang ke balai kampungnya. Cukup dari rumah dengan smartphone mereka bisa melakukan pelayanan,” jelas Bupati.

Kalau memang ada masyarakat yang tidak memiliki smartphone, cukup dagang ke ketua RT yang siap-membantu pelayanan bagi masyarakat.

“Kalau ada warga yang tidak memiliki smartphone cukup datang saja ke ketua RT langsung bisa sepenuhnya dibantu,” tegas Bupati. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos