Kain Tapis Lampung dan Maduaro di Booth Utama JCC Jadi Perhatian Pengunjung

img
Ibu Negara Iriana Jokowi berbincang dengan perajin tapis.

MOMENTUM, Jakarta--Sejumlah kain Tapis Lampung dan Maduaro yang dipajang di Booth Utama arena Kriyanusa 2022, di Jakarta Convention Center (JCC), yang berlangsung dari tanggal 21-25 September 2022, menjadi perhatian pengunjung.

Mulai dari pembukaan, saat rombongan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan rombongan, memperhatikan berbagai jenis kain Tapis Lampung.

Bahkan salah satu perajin Anggi, dari House Tapis Citra Bandarlampung binaan Dekranasda Provinsi Lampung, diajak berbincang-bincang oleh Ibu Negara.

Anggi menuturkan, saat menyulam kain tapis kain, ditanya oleh ibu negara cara membuat tapis dari benang apa? Anggi menjawab dari benang emas asli Lampung. Tidak banyak yang ditanyain oleh Ibu Jokowi, kata Anggi. Tapi dia merasa bangga karena Ibu Negara dan Ibu Wapres serta ibu-ibu Menteri langsung melihat dirinya saat menyulam Tapis Lampung.

Ketua Dekranasda Lampung Riana Sari Arinal menyampaikan, sejumlah kain Tapis Lampung yang dipajang di Booth utama antara lain, "Kain Kapal" atau Palepai Lampung, wastra Lampung yang dibuat akhir Abad 19. 

Kemudian ada pakaian Pengantin Pepadun, Pakaian Pengantin Saibatin, Tapis Raja Medal, Tapis Jung Sarat Limar. Ada Tapis Pucuk Rebung Besar, Tapis Bertulis, Tapis Mandi, Tapis Mandi Merah Hitam, Tapis Jung Sarat Kembang Lampung, Tapis Belah Ketupat.

Selain itu ada juga, Baju Maduaro, Kain Tampan, Kain Bidak kain Pemidangan dan lain-lain.

Ada juga digaleri bagian depan terpasang, Siger, Kopiah Emas, Kibuk Laki-laki, Kibuk Perempuan, Kalung Papan Jajar, Kalung Ringgit, Selempang Pinang, keris, Kelang Burung, Gelang Bibit, Gelang Kano dan Gelang Dukhi.

Pameran Kriyanusa 2022 mengambil tema “Semangat Bertahan Pengrajin Berdaya Saing” diikuti oleh 143 peserta dari 34 provinsi di seluruh Tanah Air. Sebagai Ikon Kriya Nusa 2022, Provinsi Lampung. (*)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos