Di Kelumbayan Barat, Tanah Longsor Tutup Jalan dan Kabel Listrik Putus

img
Warga berupaya menyingkirkan material longsor yang menutup jalan.

MOMENTUM, Kelumbayan -- Tanah longsong menutup badan jalan di Pedukuhan Sidorejo Pekon Batupatah Kecamatan Kelumbayan Barat Kabupaten Tanggamus pada Kamis malam, 6 Oktober 2022.

Material tanah longsor menutupi badan jalan setinggi kurang lebih satu meter dan panjang sekitar 20 meter. Akses ke wilayah itu pun tertutup, hanya bisa dilalui sepeda motor meski harus melintas dengan ekstra hati-hati.

Selain tanah longsor, hujan lebat yang turun sejak sore, juga mengkibatkan kabel listrik PLN putus tertimpa pohon jati dan jengkol yang tumbang. Listrik pun padam.

Kapolseksubsektor Kelumbayan Ipda Lusianto bersama Bhabinkamtibmas Polres Tanggamus Bripka Cornelles Rudianto, Babinsa, Kepala Pekon Paku Sudarso serta warga bahu-membahu menyingkirkan material longsor yang menutup jalan.

Kasi Humas Polres Tanggamus Iptu M. Yusuf mengungkapkan, longsor terjadi pasca hujan deras yang terjadi di wilayah Kecamatan Kelumbayan Barat.

“Hujan dengan curah hujan tinggi kemarin sore mengakibatkan longsor jalan Pekon Batu Patah Kelumbayan kemarin pukul 18.00 WIB,” ungkap Iptu M. Yusuf mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Satya Widhy Widharyadi, Jumat, 7 Oktober 2022.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Kerugian matrial berupa putusnya kabel PLN imbas robohnya pohon jati dan jengkol milik warga.

“Tidak ada korban jiwa dan material tanah longsor menutupi tinggi sekitar 1 meter dengan panjang 20 meter,” ujarnya.

Kasi Humas menjelaskan, atas peristiwa tersebut, pihaknya telah mengambil langkah dengan menerjunkan Bhabinkamtibmas guna membantu masyarakat melakukan pengamanan dan evakuasi material longsor.

Selain itu juga, berkoordinasi dengan unsur pimpinan kecamatan dan pemerintah kabupaten tanggamus guna mengambil langkah untuk segera membuka jalan.

“Sejak tadi malam, Bhabinkamtibmas bersama Kakon Batu Patah dan masyarakat dengan alat seadanya berusaha membuka jalan,” jelasnya.

Kasi Humas menambahkan, atas upaya tersebut, tadi malam pukul 22.00 WIB, sepeda motor dan mobil kecil sudah dapat melintas namun dalam kondisi darurat.

“Untuk pagi ini, akan dilanjutkan menggunakan alat berat guna menangani material longsor tersebut,” tandasnya.

Menurut Kepala Pekon Batupatah Sudarso, pada pukul 15. 00 Wib curah hujan semakin deras hingga malam. Sekira pukul 18. 00 Wib terjadi tanah longsor di Pedukuhan Sidorejo RT 004 / 001 Pekon Batupatah.

Lanjut ia, akibat Longsor tersebut material menutupi badan jalan sehingga tidak dapat dilalui oleh kendaraan. Sementara hanya dapat dilalui sepeda motor. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos