Lampung Jadi Tuan Rumah Mukernas MUI

img
Audiensi Pengurus MUI Pusat dengan Gubernur Arinal Djunaidi

MOMENTUM, Bandarlampung--Provinsi Lampung ditetapkan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Rencananya Mukernas itu akan berlangsung di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) pada tanggal 9 hingga 11 Desember 2022. 

Wakil Ketua Umum MUI Marsudi Syuhud menyampaikan, Lampung ditetapkan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Mukernas II MUI karena dinilai nyaman. 

"Jadi MUI ingin termasuk bagian dalam menjaga kedamaian. Untuk itu, Raker nanti bertujuan bagaimana kedepannya bisa adem, nyaman, dan tercapai tujuannya," kata Marsudi saat audiensi dengan Gubernur Arinal Djunaidi, Selasa (8-11-2022).

Dia menjelaskan, Mukernas bertujuan untuk menjabarkan garis-garis besar program hasil Musyawarah Nasional dalam bentuk, mengevaluasi dan menetapkan kegiatan kerja.

Menurut dia, Mukernas itu akan diikuti oleh sekitar 500 peserta yang terdiri dari 300 ulama se Indonesia dan 200 undangan sekitar Lampung.

Sementara, Ketua MUI Lampung Mohammad Mukri menyatakan siap menyelenggarakan Mukernas II MUI 2022.

Mukri mengatakan, sudah melakukan koordinasi dan konsolidasi internal serta melakukan komunikasi dengan pihak-pihak terkait di Lampung.

"Pilihan Lampung ditetapkan sebagai tempat penyelenggaraan Mukernas ini tidak salah. Karena Lampung surplus pangan, dan kondisi Lampung aman dan nyaman," kata dia. 

Dilain sisi, Gubernur Arinal Djunaidi mengatakan, Pemerintah Provinsi Lampung sangat menyambut baik penyelenggaraan Mukernas II MUI tahun 2022. 

"Pemprov Lampung sangat menyambut baik kegiatan ini. Saya akan mendukung selama menurut MUI, Lampung layak dan bisa menyelenggarakan. Tinggal siapa mengerjakan apa," jelasnya. 

Meski demikian, Gubernur mengingatkan agar dalam pelaksanaan Mukernas nanti tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos