Prof. Lusi, Rektor Terpilih Unila Lulusan S3 Prancis

img
Prof. Lusmeilia, rektor terpilih Unila periode 2023 - 2027. Foto: Humas Unila

MOMENTUM, Bandarlampung--Prof. Lusmeilia Afriani terpilih menjadi Rektor Universitas Lampung (Unila) periode 2023 - 2027.

Pada kontestasi pemilihan rektor yang berlangsung di ruang sidang lantai dua Gedung Rektorat Unila, Rabu (28-12-2022), Prof. Lusmeilia berhasil meraih 44 suara dari total 71 suara sah senat dan Kementerian Pendidikan.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unila itu, menjadi satu-satunya rektor wanita pertama pasca perguruan tinggi negeri tersebut berdiri pada 23 September 1965.

Dalam visinya, wanita lulusan S3 Universite De Caen Prancis tahun 2004 itu, menjadikan Unila sebagai center of excellence di tingkat nasional dan internasional.

Tak hanya itu, visi yang diusungnya semasa tahapan pemilihan rektor (pilrek) tersebut, bertekad menjadikan Unila sebagai institusi yang kuat berlandaskan nilai-nilai luhur budaya nasional dan Pancasila.

Dalam pemaparannya, Prof. Lusmeilia bertekad akan meningkatkan citra Unila kepada masyarakat. Bahwa kampus yang terletak di Kecamatan Rajabasa itu, merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

"Saya akan meningkatkan citra Unila dengan memberikan kepercayaan ke masyarakat, bahwa Unila salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia," kata Prof. Lusi - sapaanya, usai jumpa pers pilrek.

Selain itu, dia juga menyatakan akan membuat suatu kemajuan bagi kaum wanita di Provinsi Lampung, melalui pemberdayaan pusat penelitian.

"Saya tidak akan melihat perempuan dan laki-laki secara berbeda. Tapi untuk kemajuan perempuan di Lampung, saya akan memberdayakan pusat penelitian kita untuk wanita dan anak. Di situ aspirasi kaum perempuan dan anak akan ditampung," jelasnya. 

**Biodata Prof. Lusi**

Prof. Lusi dilahirkan di Kota Palembang pada 10 Mei 1965. Anak sulung dari enam bersaudara, buah hati pasangan Razioen dan Dra Lensiyana.

Pada 1988, dia menempuh pendidikan Diploma 3 (D3) Teknik Sipil Unila. Setelah lulus, Prof. Lusi melanjutkan pendidikan Strata (S1) Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya tahun 1991.

Berselang delapan tahun usai menamatkan program S1, dia melanjutkan pendidikannya S2 Teknik Sipil di Universite de Caen Prancis pada 1999.

Sedangkan program S3, Prof. Lusi menempuh pendidikan di Universite de Nantes, Prancis pada tahun 2004 dengan raihan gelar D.E.A

**Riwayat Jabatan**

Selain menjadi dosen Teknik Sipil Fakultas Teknik (FT) Unila, dia juga sempat menjabat sebagai Wakil Dekan I FT periode 2005-2009.

Pada tahun yang sama, Prof. Lusi juga pernah menjabat Dekan Fakultas Teknik Unila periode 2009-2013. Tak sampai di situ, dia juga sempat mengisi jabatan Pj Wakil Rektor Bidang Kerja Sama kampus setempat pada 2015.

Kemudian, kepala Laboratorium Mekanika Tanah FT Unila tahun 2014-2020. Terakhir, sebelum terpilih menjadi rektor, dia juga pernah menjabat Ketua LPPM sejak 2020. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos