Antisipasi Ombak Tinggi, Pemprov Siapkan Alternatif Pelabuhan Panjang

img
Kepala Dinas Perhubungan Lampung Bambang Sumbogo

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menyiapkan Pelabuhan Panjang sebagai alternatif terjadinya cuaca buruk.

Sehingga, akses penyeberangan tidak terhambat meski Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan terjadi cuaca buruk.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Lampung Bambang Sumbogo, Kamis (29-12-2022).

"Kita sudah tahu kondisi di Pelabuhan Bakauheni, jadi kami juga lakukan rapat. Makanya sebagai alternatif kemungkinan Pelabuhan Panjang," kata Bambang.

Terlebih, menurut dia, penyeberangan Pelabuhan Panjang - Pelabuhan Merak Banten sempat ditutup sementara karena cuaca buruk.

Bahkan, dia menyebutkan, sudah beberapa kali ada kendaraan di Pelabuhan Merak Banten yang tercebur akibat gelombang tinggi.

Atas dasar itu, Pemprov Lampung meminta masyarakat memperhatikan waktu penyebrangan dan mengantisipasi dengan mempersiapkan Pelabuhan Panjang.

"Rapat dengan Pelindo tadi, membahas rute rute alternatif Panjang - Ciwandan kalau terjadi lagi keadaan mendesak bisa digerakkan," terangnya.

Dia menjelaskan, kapal yang akan digunakan juga telah disiapkan. PT ASDP bisa menyiapkan lima unit kapal    untuk mengantisipasi adanya penumpukan penumpang saat ombak tinggi.

Menurut dia, kondisi ombak di Pelabuhan Panjang jugq tidak terlalu tinggi, bahkan kapasitas kapal juga lebih besar.

"Kalau di panjang ini ombak nya lebih tenang. Karena mbaknya sudah terpecah oleh pulau-pulau. Kapal di Panjang juga berukuran besar sampai 150 ribu GT, pasti lebih aman ya," tuturnya.









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos