Tahun Ini, Pemprov Usulkan KH Ahmad Hanafiah Jadi Pahlawan Nasional

img
KH Ahmad Hanafiah

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung bakal mengusulkan KH Ahmad Hafaniah sebagai Pahlawan Nasiomal.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Sosial Lampung Aswarodi saat diwawancarai, Senin (16-1-2023).

Aswarodi menjelaskan, usulan tersebut sudah direncanakan sejak tahun 2022, namun baru akan diusulkan ke Kementerian Sosial pada 2023.

"Tahun in kita akan mengusulkan KH Ahmad Hanafiah dari Lampung Timur sebagai Pahlawan Nasional," kata Aswarodi.

Menurut dia, Gubernur Arinal Djunaidi pun sangat mendukung pengusulan tersebut. Bahkan, KH Ahmad Hanafiah dinilai layak menjadi Pahlawan Nasional.

Untuk itu, pemprov bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Lamtim untuk melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan.

"Termasuk pembuatan bukunya juga sudah. Dari Pemkab Lampung Timur kemarin menggandeng UIN untuk menyusun bukunya," terangnya.

Aswarodi mengatakan, dalam pengusulan tersebut ada tiga syarat yang harus dilengkapi: syarat umum, khusus dan administrasi.

Untuk syarat khusus berupa rekam jejak, pernah ikut dalam mempertahankan kemerdekaan. 

"Kalau syarat umum itu terkait dengan WNI atau integritas dan sebagainya. Sedangkan syarat administrasi itu berupa seminar yang kita lakukan. Termasuk buku biografinya yang diseminarkan juga," jelasnya.

Karena itu, dia telah mengirimkan perwakilan dari Dinas Sosial untuk berkonsultasi ke Kementerian Sosial (Kemensos) RI terkait kelengkapan berkasnya.

"Hari ini sudah ada yang ke kementerian untuk konsultasi apa saja berkas-berkas yang kurang, sehingga saat diusulkan tidak dikembalikan lagi," terangnya.

Dia menjelaskan, setelah berkas-berkas yang dibutuhkan telah lengkap, maka akan langsung diusulkan ke Kemensos RI.

"Usulannya kan paling lambat bulan Maret. Nanti kalau ada yang kurang berkasnya, kita lengkapi dulu baru diusulkan," tuturnya. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos