Kawanan Pencuri Gasak Tiga Ekor Sapi di Mesuji

img
Ilustrasi-Seoarang peternak memberi makan hewan ternak sapi.

MOMENTUM, Jayasakti--Kawanan pencuri menggasak tiga ekor sapi milik warga Desa Jayasakti, Kecamatan Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji, Senin (16-1-2023).

Sapi milik kelompok Budi Usaha yang dipelihara Waris (75) dan Pendi (31) tersebut langsung dieksekusi pelaku 40 meter dari kediaman korban.

Di lokasi penyembelihan, pelaku hanya meninggalkan jeroan atau isi perut sapi yang dibiarkan tergeletak begitu saja. "Jadi pukul 23.00, Pak Waris sempat memberikan makan kedua sapinya. Setelah azan subuh, kami dikagetkan dengan teriakan Pak Waris yang bilang sapinya hilang. Saat kami tengok ke kandang sapi, ternyata satu ekor sapi yang hamil juga hilang," kata Pendi.

Para pelaku, lanjut Pendi, datang dari belakang rumah yang berupa kebun karet. "Di belakang rumah ada jalan kecil tempat orang deres karet, tembus ke jalan lintas. Pelaku sepertinya masuk lewat belakang," ungkapnya. 

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian Mesuji, Pariman mengatakan sapi dapat diganti jika kelompok Budi Usaha mengikutsertakan ternaknya dalam program asuransi hewan. "Kalau dilindungi asuransi, sapi dapat diganti. Jika tidak, kami tidak bisa berkata banyak," kata Pariman. (**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos