Pesawaran akan Bangun Gedung Perpustakaan Daerah

img
Kepala Dispursip Pesawarah Halimah Zakaria.

MOMENTUM, Gedongtataan--Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Kabupaten Pesawaran akan membangun gedung perpustakaan daerah yang dilengkapi taman bermain.

Kepala Dispursip Pesawaran Halimah Zakaria mengatakan gedung tersebut akan dibangun di atas lahan seluas setengah hektare yang terletak di kompkes pemkab setempat.

"Pambangunan gedung diperkirakan memakan dana sebesar Rp11 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus dari pemerintah pusat melalui Perpusnas. Dengan rincian, Rp10 miliar untuk bangunan utama, kemudian Rp1 miliar kelengkapan buku, komputer serta perabotan, alat peraga sains dan sebagainya," katanya.

Menurut Halimah, saat ini pembangunan perpustakaan itu masih dalam tahap melengkapi syarat administrasi, kemudian tahap selanjutnya akan dilakukan monitoring dan evaluasi oleh tim dari pemerintah pusat melalui Perpusnas dan kementerian terkait.

"Semoga dengan adanya gedung perpustakaan nantinya dapat meningkatkan minat baca masyarakat, sebab kita tahu kegiatan membaca saat ini telah jauh menurun," ungkapnya.

Pembangunan gedung tersebut diperkirakan akan dimulai pada pertengahan tahun 2023, dan dapat beroperasi pada tahun 2024 mendatang.

Diketahui, Selain berkomitmen meningkatkan budaya literasi di bumi andan jejama, Dispursip Pesawaran juga mengembangkan perpustakaan digital dengan jumlah koleksi mencapai tujuh ribuan judul buku. (*)


Editor: Muhammad Furqon


Leave a Comment