Qudrotul Wacanakan Nama Khas bagi Tulangbawang

img
Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Qudrotul Ikhwan menerima audiensi pengurus PWI setempat.

MOMENTUM, Menggala -- Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Qudrotul Ikhwan merancang terobosan baru dengan memberikan nama atau brand yang menjadi ciri khas tersendiri bagi Tulangbawang.

Ciri khas tersebut kelak akan menjadi branding sehingga Kabupaten Tulangbawang akan mudah diingat oleh masyarakat luas.

Hal tersebut disampaikan oleh Qudrotul saat menerima audensi jajaran penggurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tulangbawang, Selasa (24-01-2022).

Baca Juga: Pj Bupati Tulangbawang Ajak Wartawan Bersinergi

Dikatakan Qudrotul, ada dua nama yang terbuka untuk digunakan Kabupaten Tulangbawang yakni Kota Gula atau Kota Udang. Ini sesuai dengan kekayaan Tulangbawang yang memiliki perkebunan besar gula dan tambak udang.

"Saya cenderung Kota Udang karena dulunya Kabupaten Tulangbawang merupakan Kabupaten penghasil udang terbesar se-Asia Tenggara. Jadi, nanti siapapun yang singgah di sini akan selalu mengingat akan udang yang dijadikan berbagai olahan makanan," terang Qudrotul.

Menurutnya, selain Tulangbawang menjadi Kota Udang, tentu hal tersebut berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat, dikarenakan peluang usaha UMKM semakin terbuka.

Masyarakat bisa menjadikan udang sebagai produk olahan berbagai makanan ringan yang diharapkan banyak diminati sebagai oleh-oleh.

"Banyak makanan olahan dari bahan udang dan memang diminati oleh berbagai kalangan baik dalam maupun luar daerah. Artinya ini kesempatan baik untuk mendongkrak ekonomi. Apalagi di sini banyak tambak udang, baik milik perusahaan atau tambak tradisional bisa diajak kerja sama," paparnya.

Oleh karena itu, sambung Qudrotul, sebelum rancangan nama khas Tulangbawang diterapkan, terlebih dahulu dilakukan kajian sehingga rencana tersebut dapat diterapkan dengan maksimal.

"Baik (kota) gula maupun (kota) udang akan dikaji terlebih dahulu. Ini baru wacana. Tapi yang pasti, saya ingin Tulangbawang memiliki ciri khas tersendiri," katanya. (*)


Editor: Muhammad Furqon


Leave a Comment