Dekranasda Kabupaten/Kota Diharapkan Konsisten Bina Perajin

img
Ketua Dekranasda Lampung Riana Sari Arinal

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kabupaten/kota diharapkan tetap konsisten dalam membina perajin.

Sehingga bisa terus berinovasi dalam menghasilkan karya kerajinan yang berdaya saing.

Hal itu disampaikan Ketua Dekranasda Lampung Riana Sari Arinal saat mebuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dekranasda, Senin (30-1-2023). 

"Saya berpesan kepada ketua Dekranasda kabupaten/kota agar terus konsisten membina pgrajin dan dapat diinovasikan dengan berkolaborasi bersama designer lokal maupun nasional," kata Riana. 

Dia mengatakan,  hal tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengangkat wastra daerah ke ranah Internasional.

Pada kesempatan itu, Riana menjelaskan, Rakerda Dekranasda tahun 2023 bertujuan untuk menyusun dan mensinergikan program kerja yang akan menjadi pedoman dan pijakan organisasi dalam bekerja.

"Sinergitas menjadi kata kunci dalam penyusunan program kerja dan telah terbukti sangat mumpuni terutama setelah kita bersama-sama menghadapi masa pandemi Covid-19, yang saat ini sudah melandai," jelasnya.

Seperti diketahui, Dekranasda sebagai sarana untuk menghimpun potensi para pemangku kepentingan dalam mengembangkan produk kerajinan. Ini merupakan upaya pelestarian dan pengembangan seni dan budaya daerah. Selain itu, juga berfungsi untuk meningkatkan kontribusi industri kerajinan dalam pembangunan nasional dan daerah. 

Sejalan dengan hal tersebut, Riana menyampaikan bahwa fungsi tersebut akan berjalan dengan baik apabila seluruh pemangku kepentingan dapat bersinergi dengan baik. 

"Sinergitas tersebut harus tertuang dalam program-program kerja yang implementatif dan solutif hingga pada akhirnya upaya pengembangan kerajinan dan para perajinnya dapat berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan," terangnya.

Riana berharap agar Rakerda menjadi momentum kebangkitan kembali industri kerajinan yang berbasis budaya bangsa dengan terus melakukan program-program nyata di daerah masing-masing. 

Dia juga mengapresiasi ketua dekranasda kabupaten/kota atas dukungannya selama  ini terhadap para perajin di Provinsi Lampung. 

Kegiatan Rakerda juga diisi dengan Pelaporan Program Kerja Tahun 2022 oleh Sekretaris Dekranasda Rusdiana Dewi. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi struktur Pembiayaan Daerah Mendukung Program Kerja Dekranasda oleh Kepala Bapeda Provinsi Lampung Mulyadi Irsan.

Sementara itu, Ketua Dharma Wanita Provinsi Lampung selaku Ketua Pelaksana kegiatan Rakerda Mamiyani Fahrizal Darminto menyampaikan, kegiatan itu bertujuan untuk menyampaikan laporan program tahun 2022.

"Selain itu, melalui kegiatan ini saya berharap sebagai media sinkornasi program kerja Dekranasda tahun 2023 bersama Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung," jelasnya. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos