Hari Pertama Operasi, Polres Pringsewu Tindak 137 Pelanggar Lalulintas

img
Polres Pringsewu menindak ratusan pelanggar lalu lintas pada hari pertama Operasi Keselamatan Krakatau 2023.

MOMENTUM, Pringsewu -- Hari pertama Operasi Keselamatan Krakatau 2023, Polres Pringsewu menindak ratusan pelanggar lalu lintas yang didominasi pengendara sepeda motor.

Kasat Lantas Polres Pringsewu AKP Khoirul Bahri mengatakan, pada hari pertama Operasi keselamatan krakatau 2023, satgas penegakan hukum (gakkum) menindak 137 pelanggar lalu lintas yang didominasi pengendara sepeda motor.

"Dari 137 pelanggaran, itu 91 pelanggaran dilakukan pengendara roda dua. Sisanya 46 pelanggaran dilakukan pengemudi roda empat atau lebih," jelas Khoirul mewakil Kapolres Pringsewu KBP Rio Cahyowidi, Rabu 8 Februari 2023.

Kasat lantas menyebut, yang ditindak adalah pelanggaran yang kasat mata. Seperti tidak menggunakan helm, menggunakan knalpot brong, tidak memakai sabuk pengaman, muatan melebihi ketentuan dan juga TNKB tidak sesuai spek.

Kemudian dia merinci. Tidak menggunakan helm 65 orang, knalpot brong 11 orang, TNKB tidak sesuai spek 24 orang, muatan melebihi ketentuan 17 orang, dan tidak menggunakan sabuk keselamatan 20 orang.

Menurut dia, tujuan utama operasi ini untuk menumbuhkan kesadaran berlalulintas. Karena itu, pelanggar lalu lintas hanya diberikan teguran dan edukasi untuk tidak lagi melakukan pelanggaran.

"Ya, sementara ini hanya kita berikan teguran lisan dan tertulis serta imbauan untuk selalu tertib berlalu lintas," ujarnya.

Kasat Lantas mengimbau masyarakat untuk mentaati tata tertib lalu lintas di jalan. “Patuhi aturan berlalulintas, jangan kebut-kebutan di jalan. Biasanya kecelakaan lalu lintas diawali dari pelanggaran. Budayakan tertib berlalulintas," katanya.

Saat ini, aparat kepolisian menggelar operasi dengan sandi Operasi Keselamatan yang bertujuan meningkatkan kesadaran berlalu lintas, mengurangi pelanggaran dan kecelakaan serta fatalitas korban kecelakaan. Operasi berlangsung serentak di seluruh Indonesia selama 14 hari, 7-20 Februari 2023. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos