Tingkatkan Prestasi, Disporapar Lamteng Turun Gunung

img
Disporapar turun ke lapangan menemui penggiat olahraga

MOMENTUM, Gunungsugih--Dunia olahraga di Lampung Tengah (Lamteng) perlu pendataan sektoral keolahragaan. Tujuannya untuk meningkatkan prestasi.

Hal tersebut yang mendorong Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Lamteng turun gunung alias ke lapangan. Seperti yang dilakukan di Kecamatan Buminabung, Rabu (8-2-2023).

“Pendataan kita lakukan dengan cara turun di tiap kecamatan. Kita menemui penggiat-penggiat olahraga,” kata Kabid Keolahragaan Lamteng Ida Bagus Wiguna.

Tujuan pendataan, katanya, untuk mendapatkan informasi tentang kondisi olahraga di masing-masing kecamatan. Sasaran meliputi sarana dan prasarana, club atau tim, keberadaan pelatih serta atlet.

“Jadi kita ingin mendata soal sarana dan prasarana sudah ada atau belum. Aktif atau tidak. Lalu ada club atau timnya tidak, termasuk pelatih sudah ada yang berlisensi atau belum serta keberadaan atletnya. Termasuk prestasi-prestasi yang sudah diraih apa saja,” jelasnya.

Menurut dia, tujuannya guna meningkatkan prestasi olahraga di kabupaten setempat. Sebab, pihaknya belum memiliki data akurat terkait hal tersebut. 

"Sehingga sulit dalam meningkatkan prestasi. Bercermin dari hasil Porprov Lampung kemarin, prestasi kita sangat jauh dari harapan. Padahal kita punya potensi yang luar biasa di tingkat kecamatan," jelasnya.

Hanya saja, kadang mereka yang punya potensi di bidang olahraga tidak memiliki akses untuk mengembangkan kemampuan di tingkat yang lebih tinggi.

“Karena itu, kita data untuk mengetahui hal tersebut. Sebab kita yakin potensi olahraga tidak hanya di kota. Di kampung-kampung pun ada. Bahkan banyak,” paparnya. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos