Pembangunan Masjid Raya Dimulai

img
Peletakan batu pertama oleh Gubernur Lampung, Aburizal Bakrie dan jajaran forkopimda.

MOMENTUM, Bandarlampung--Pembangunan Masjid Raya Al Bakrie di Enggal, Bandarlampung dimulai. Hal itu ditandai dengan peletakkan batu pertama (groundbreaking), Senin (20-2-2023).

Groundbreaking itu dilakukan langsung oleh Gubernur Arinal Djunaidi, Aburizal Bakrie, Staf Ahli Kemenpora Samsudin, Wakil Gubernur Chusnunia dan jajaran forkopimda.

Aburizal Bakrie mengatakan, dengan dilaksanakan groundbreaking itu, menandai pembangunan masjid yang bakal menampung 12 ribu jemaah tersebut dimulai.

"Ini nanti langsung dimulai. Targetnya masjid ini diselesaikan dalam dua tahun," kata Aburizal.

Meski demikian, dia enggan menyebutkan nilai investasi untuk pembangunan masjid tersebut. "Nilai investasinya insya Allah cukup," ujarnya.

Sementara, gubernur menyebutkan, saat ini, keberadaan masjid sudah menjadi ikon utama dari pusat kegiatan dan keramaian masyarakat.

Karena itu Pembangunan Masjid Raya diharapkan akan menjadi pusat kegiatan sosial keagamaan umat Islam di Provinsi Lampung.

"Selain itu keberadaan Masjid Raya ini juga diharapkan akan menjadi magnet yang akan menumbuhkan dan menjadi ikon baru bagi Lampung, sebagai pusat keramaian dan kegiatan sosial ekonomi masyarakat," tuturnya.

Menurut Arinal, hal itu sejalan dengan Rencana Pengembangan Provinsi Lampung. Seperti Pengembangan Kawasan Wisata Terpadu Bakauheni Harbour City (BHC), dan supporting kegiatan pariwisata di Bandarlampung dan Teluk Lampung sebagai bagian dari destinasi wisata Religi.

"Diharapkan keberadaan Masjid Raya ini akan turut  menyumbang pertumbuhan industri pariwisata dan ekonomi kreatif, pengembangan UMKM dan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung," harapnya.

Gubernur menjelaskan, masjid tersebut bakal dibangun di lahan seluas 2,3 hektare dan direncanakan akan bisa menampung sekitar 10 ribu hingga 12 ribu jemaah.

"Demikian pula halnya dengan desain arsitektur yang juga akan mengadopsi konsep desain arsitektur yang disesuaikan dengan ornamen Lampung," terangnya.

Gubernur pun sangat mengapresiasi seluruh pihak, yang telah mendukung proses pembangunan masjid itu. Mulai dari persiapan, pelaksanaan hingga selesai.

"Kami juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Yayasan Bakrie Amanah. Khususnya kepada Bapak Aburizal Bakrie dan keluarga yang telah berkenan bersama Pemerintah Provinsi Lampung memprakarsai pembangunan Masjid Raya ini," sebutnya.(**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos