Prioritas Program Usulan Kecamatan Diselaraskan di Tingkat Kabupaten

img
Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah membuka acara Musrenbang tingkat Kecamatan Pringsewu.

MOMENTUM, Pringsewu -- Prioritas program Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024 Kabupaten Pringsewu ditetapkan berdasarkan usulan musrenbang kecamatan yang selaras dengan prioritas dan sasaran pembangunan di tingkat kabupaten.

Hal itu disampaikan Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah pada setiap membuka musyawarah perencanaan pembangunan atau musrenbang tingkat kecamatan yang digelar berdilir di sembilan kecamatan 14 hingga 16 Februari 2023.

Menurutnya, pelaksanaan musrenbang RKPD tingkat kecamatan merupakan pelaksanaan Pasal 98 ayat (2) Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 yang menyatakan bahwa camat melaksanakan musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan, setelah berkoordinasi dengan Bappeda.

Musrenbang tingkat kecamatan, menurut dia, bertujuan penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap usulan rencana kegiatan pembangunan pekon, yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di wilayah setiap kecamatan.

Terutama kegiatan-kegiatan pembangunan prioritas kecamatan yang memiliki dampak luas terhadap masyarakat di beberapa pekon atau kelurahan. "Yang jelas, program pembangunan yang menjadi skala prioritas yang diusulkan di tingkat kecamatan selaras dengan prioritas sasaran pembangunan yang telah di tetapkan pada tingkat kabupaten," terang Adi Erlansyah.

Kepala Bappeda Kabupaten Prongawu A. Fadoli menjelaskan, musrenbang tingkat kecamatan di sembilan kecamatan, diawali dari Kecamatan Adiluih, Pagelaran Utara dan Pardasuka. Lalu Kecamatan Ambarawa, Pringsewu dan Gadingrejo. Terakhir Sukoharjo, Pagelaran dan  Kecamatan Banyumas.

Kegiatan itu diikuti perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD), anggota DPRD dari uspika, para kepala pekon/lurah, tokoh masyarakat, agama dan pemuda serta PKK.

Menurutnya, musrenbang tingkat kecamatan menjadi acuan dan skala kewenangan untuk diterapkan satu tahun mendatang di wilayah kecamatan tersebut. "Ini merupakan kerangka awal perencanaan pembangunan untuk di tingkat pekon dan kelurahan,"ujarnya.

Setiap musrenbang, kepada seluruh perwakilan dari pekon (desa) dan kelurahan diminta mengusulkan program untuk memajukan wilayahnya masing-masing. "Nantinya berbagai usulan, masukan yang menjadi skala prioritas nanti akan kita bahas pada musrenbang kabupaten,"jelasnya.

Fadoli mengatakan, berdasarkan konsultasi publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pringsewu 2024, Pemkab Pringsewu menetapkan tema pembangunan 2024 yaitu Penguatan Sektor Ekonomi Strategis dan Kualitas Sumber Daya Manusia.

Juga dalam RKPD tersebut ditetapkan enam prioritas pembangunan, meliputi peningkatan ketahanan oerekonomian daerah, peningkatan kualitas pembangunan manusia, menurunkan kemiskinan ekstrim dan stunting, peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan.

"Serta peningkatan kualitas infrastruktur dan lingkungan hidup, dan meningkatkan ketertiban, kenyamanan dan mitigasi bencana," imbuh Fadoli. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos