Antisipasi Kebakaran Lahan, PT BCN Bungamayang Apel Siaga Karhutla

img
Simulasi mengatisipasi kebakaran lahan dan hutan yang digelar PT Buma Cima Nusantara (BCN) Unit Bungamayang, Lampung Utara.

MOMENTUM, Bungamayang -- Mengantisipasi kebakaran lahan dan hutan, PT Buma Cima Nusantara (BCN) Unit Bungamayang (Buma) menggelar Apel Siaga Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla)

Kegiatan yang digelar di Lapangan Merdeka Unit Buma, Lampung Utara, ini dipimpin General Manager Buma  Tri Widhiyanto, Rabu 22 Februari 2023. Diikuti gabungan TNI, Polri, BPBD Lampura dan pasukan pengamanan PT BCN.

Direktur PT BCN Hidayat mengatakan simulasi ini dalam rangka persiapan kesiagaan kebakaran. "Kegiatan ini sebagai bentuk komitmen PT BCN dalam melaksanakan intruksi Presiden tentang antisipasi kebakaran lahan," katanya.

Dalam prosesnya, jelas Hidayat, PT BCN telah melakukan pemantauan secara berkala titik api. Selain itu, telah membuat menara pantau, sehingga bisa memantau titik api potensi kebakaran. "Alhamdulillah, dalam pelaksanaannya mendapat dukungan dari tokoh masyarakat," katanya.

Menghadapi musim kemarau ini, Unit Bungamayang melakukan antisipasi secara preventif dalam kebakaran lahan.

Sementara Kabag OPS Polres Lampung Utara Kompol Arjon Syafrie, mengapresiasi Bumu Unit Bungamayang, menjadi perusahaan pertama yang melaksanakan Apel Karhutla. Banyak perusahaan di Lampura, tapi baru PT BCN yang melakukan apel tersebut. Ini menandakan kesiapan perusahaan dalam menghadapi bencana kebakaran.

Polres sudah melakukan tindakan preventif dimana dilakukan pencegahan adanya kebakaran. Polres mengintruksikan kesemua jajaran Polsek menghimbau kepada perusahaan agar tidak melakukan pembakaran secara masif dan semberono.

"Bencana alam tidak bisa ditolak dan diprediksi, jadi kita harus waspada," tegas pria yang akrab disapa Arjon ini. Bila sudah diantisipasi masih terjadi kebakaran, bisa cepat diatasi.

Ia juga mengimbau kepada perusahaan dan instansi bila ada rencana pembakaran, harus membuat surat dan mengajak babinkamtibnas untuk memantau kegiatan berjalan. Dan setelah dilaksanakan memberikan laporan agar tidak terjadi kesalahan.

Mohon perusahaan memgikuti peraturan yang ada. Dan kami juga akan melaporkan PT BCN Unit Bungamayang, telah siap menghadapi antisipasi kebakaran di musim kemarau.

"Mudah-mudahan apa yang dideklarasikan hari ini jadi bagian ibadah dan menjaga perusahaan agar lebih maju lagi. Semoga situasi di PT BCN bisa berjalan aman dan terkendali.

Pada kesempatan yang sama, mewakili Danramil 412-06/SS, Serma Rudi Hartono juga mengapresiasi Unit Bungamayang yang sudah antisipasi menghadapi kebakaran lahan.

Mari kita mencegah dari hal hal yang kecil, misalnya membuang puntung rokok sembarang. Karena ini bisa juga mengakibatkan kebakaran lahan, apalagi lahan tebu yang ada di Bungamayang ini cukup mudah terbakar.

Mari kita menjaga perusahaan ini agar bisa lebih maju, sehingga bisa berkontribusi kepada masyarakat dan pemerintah daerah. (***)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos