Qudrotul Resmikan Kantor Apdesi Tulangbawang

img
Pj Bupati Tulangbawang Qudrotul Ikhwan meresmikan Kantor DPC Apdesi kabupaten setempat

MOMENTUM, Menggala Timur--Penjabat Bupati Tulangbawang Qudrotul Ikhwan meresmikan Kantor Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) kabupaten setempat, Selasa (28-2-2023).

Peresmian kantor yang berlokasi di Jalan Sriwijaya, Kecamatan Menggala Timur itu ditandai dengan penandatangan prasasti oleh pj bupati.

Qudrotul Ikhwan mengatakan, Apdesi merupakan salah satu mitra  penting dan strategis bagi pemerintah daerah.

"Sebagai wadah berhimpun para kepala desa atau kepala kampung, Apdesi punya peran strategis dalam mendukung keberhasilan program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah daerah," kata Qudrotul.

Karena itu, dia meminta, pengurus dan anggota Apdesi dapat terus memperkuat sinergi dan koordinasi dengan pemerintah daerah untuk menyukseskan pelaksanaan program pembangunan, khsusnya di Kabupaten Tulangbawang.

"Jadikan kantor ini sebagai sarana mencetuskan program-program inovatif untuk mendukung kelancaran pembangunan di Kabupaten Tulangbawang," pintanya.

Selain itu, dia mengingatkan, para aparatur kampung untuk lebih memahami peraturan terkait pengelolaan  dana desa.

"Manfaatkan Apdesi sebagai organisasi untuk tempat belajar dan bertukar pikiran, terutama untuk lebih mengoptimalkan dan mengefektifkan pengelolaan dana desa sesuai peraturan yang berlaku," imbaunya.

Pemkab Tulangbawang juga mengapresiasi dan mendukung  kerjasama antara Apdesi dengan Kejaksaan Negeri Tulangbawang.

"Semoga kerjasama yang dijalin Apdesi dengan pihak kejaksaan dapat semakin meminimalisir kemungkinan terjadi kekeliruan dalam pengelolaan dana desa," harapnya.

Sebelumnya Ketua Apdesi Tulangbawang Bambang Sumantri mengatakan, proses pembangunan kantor tersebut sudah berlangsung sejak tahun 2019 hingga 2020.

"Kantor ini sebenarnya sudah selesai dibangun pada tahun 2020. Namun, peresmianya terkendala karena situasi pandemi covid-19 dan kesibukan bupati sebelumnya. Sebab itu peresmianya baru kita laksanakan hari ini," kata Bambang.

Dia juga menyebut, pembangunan kantor DPC Apdesi Tulangbawang itu menelan anggaran Rp300 juta lebih. "Anggaran pembangungan kantor ini bersumber dari bantuan hibah Pemerintah Kabupaten Tulangbawang serta iuran anggota Apdesi," ungkapnya. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos