Berkas KH Ahmad Hanafiah Segera Diusulkan

img
Ilustrasi

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung segera mengusulkan KH Ahmad Hanafiah untuk menjadi Pahlawan Nasional.

Dijadwalkan, penyerahan berkas usulan akan diserahkan langsung kepada Menteri Sosial Tri Rismaharini pada 18 Maret mendatang.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Lampung Aswarodi saat diwawancarai harianmomentum.com, Rabu (8-3-2023).

"Jadwalnya tanggal 18 Maret ini kita ke Jakarta untuk menyerahkan berkas KH Ali Hanafiah ke Mensos," kata Aswarodi.

Dia menjelaskan, rencananya berkas itu akan diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Chusnunia, Bupati Lampung Timur Dawan Raharjo dan Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof Moh Mukri.

Meski demikian, dia mengatakan, jadwal penyerahan tersebut masih bisa berubah. "Ini baru jadwalnya, belum fix. Nanti diinfokan kalau sudah fix," jelasnya. 

Menurut dia, Gubernur Arinal Djunaidi sangat mendukung pengusulan tersebut. Bahkan, KH Ahmad Hanafiah dinilai layak menjadi Pahlawan Nasional.

Untuk itu, pemprov bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Lamtim untuk melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan.

"Termasuk pembuatan bukunya juga sudah. Dari Pemkab Lampung Timur kemarin menggandeng UIN untuk menyusun bukunya," terangnya.

Aswarodi mengatakan, dalam pengusulan tersebut ada tiga syarat yang harus dilengkapi: syarat umum, khusus dan administrasi.

Untuk syarat khusus berupa rekam jejak, pernah ikut dalam mempertahankan kemerdekaan. 

"Kalau syarat umum itu terkait dengan WNI atau integritas dan sebagainya. Sedangkan syarat administrasi itu berupa seminar yang kita lakukan. Termasuk buku biografinya yang diseminarkan juga," jelasnya.









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos