Jaring Atlet PON, IPSI Gelar Open Tournament Lampung Championship 6

img
Pesilat pada ajang Open Tournament Lampung Championship 6.

MOMENTUM, Bandarlampung--Ikatan Pencak Silat (IPSI) Lampung menggelar Open Tournament Lampung Championship 6, mulai 8-10 Maret 2023.

Berdasarkan data, sebanyak 1.115 pesilat tidak hanya dari Lampung, namun juga datang dari luar daerah, terjauh datang dari Yogjakarta, Bengkulu, dan Sumatera Selatan. Kegiatan yang digelar Pengprov Ikatan Pencak Silat (IPSI) Lampung berlangsung di GSG Unila, Rabu 8 Maret 2023. 


Ketua IPSI Lampung Faisol Djausal menyebut, Pencak Silat Open Tournament Lampung Championship 6 ini bukan hanya sekedar event saja.

"Kegiatan ini sebagai ajang penjaringan atlet guna menghadapi PON 2024 di Aceh dan Sumatera Utara," kata dia. 

Bahkan kata Faisol Djausal, IPSI Lampung menunda rencana seleksi tim inti IPSI Lampung untuk PON 2024 untuk melihat pertandingan Open Tournament Lampung Championship. 

"Termasuk kami dari IPSI Lampung sementara waktu yang tadinya rencana mau seleksi tim inti, tapi kami tunda. Siapa tahu dalam turnamen ini ada yang berpotensi dan berminat menjadi atlet IPSI Lampung untuk tampil di PON 2024," kata Faisol Djausal.

Nantinya, kata Faishol, ada tim pembinaan prestasi (Binpres) Pengprov IPSI Lampung yang memantau atlet-atlet yang berlaga.

"Bukan hanya menang saja, tapi kami melihat dari skill dan tekniknya," ujarnya. 

Sedangkan Ketua Pelaksana Open Tournament Lampung Championship 6, M Asri Lubis mengatakan, 1.115 atlet itu terbagi dalam 34 kelas usia dini dan dewasa.

"Untuk yang dewasa sistem gugur. Kalau memang dia lanjut sampai babak berikutnya," ungkapnya. 

Selain pencak silat fight atau pertarungan, di open tournament tersebut juga dipertandingkan kategori seni.

"Untuk kategori seni ada tunggal, ganda dan beregu," tandasnya.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos