Musrenbang RKPD 2024, Pringsewu Fokus Enam Prioritas Pembangunan

img
Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah menerima draf usualan program dari Ketua DPRD Pringsewu Suherman.

MOMENTUM, Pringsewu -- Pada Musrenbang Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) 2024, Pemkab Pringsewu menekankan pada enam prioritas pembangunan.

Yakni peningkatan ketahanan perekonomian raerah, peningkatan kualitas pembangunan manusia, menurunkan kemiskinan ekstrims dan stunting, peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan.

"Lalu peningkatan kualitas infrastruktur dan lingkungan hidup dan meningkatkan ketertiban, kenyamanan dan mitigasi bencana," kata Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah.

Dia mengatakan hal itu saat membuka Musrenbang RKPD Kabupaten Pringsewu tahun 2024, berlangsung Kamis (9/3/2023) di aula pemkab setempat. Dihadiri Kepala Beppeda Lampung Mulyadi Irsan, Ketua DPRD Pringsewu Suherman, Sekdakab Heri Iswahyudi, jajaran kepala OPD, Kabag, camat dan perwakilan Kepala Pekon serta tokoh masyarakat.

Adi Erlansyah menuturkan, ada beberapa kebijakan yang akan di laksanakan pada 2024 yakni meningkatkan kualitas produksi dan distribusi hasil usaha UMKM untuk mendukung perekonomian daerah, pemantapan cadangan pangan untuk menjaga laju inflasi, peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan.

Serta menghapuskan kemiskinan ekstrims dan penurunan angka stunting, meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik. "Juga akan dilakukan penataan ibu kota kabupaten dan pemenuhan infrastruktur pelayanan dasar dan dukungan penyenyelenggaraan Pemilihan Umum 2024," ungkapnya.

Untuk itu, dia meminta seluruh kepala perangkat daerah setempat agar dapat mensinergikan program kegiatan dengan prioritas dan arahkebijakan yang telah kita tetapkan.

"Serta senantiasa cermati usulan-usulan kegiatan dari musrenbang kecamatan dan pokok-pokok pikiran anggota DPRD Kabupaten Pringsewu dalam menyusun program prioritas perangkat daerah,"imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Pringsewu A. Fadholi menuturkan, agenda Musrenbang RKPD tersebut merupakan tindak lanjut dari konsultasi publik rancangan RKPD yang telah dilaksanakan 7 Februari 2023.

Juga hasil Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan yang telah dilaksanakan 14 hingga 16 Februari 2023 dan Forum Gabungan Perangkat Daerah yang telah dilaksanakan 28 Februari hingga 2 Maret 2023.

"Dari rangkaian panjang itu semoga keseluruhan proses perencanaannya telah benar-benar diselaraskan dengan tema dan prioritas pembangunan Nasional dan Provinsi Lampung,"terang A.Fadholi.

Sementara Kepala Bappeda Provinsi Lampung Mulyadi Irsan mewakili Gubernur Lampung mengatakan, Musrenbang RKPD tahun 2024 menjadi bukti Pemkab Pringsewu melibatkan masyarakat dalam rangkaian proses perencanaan

"Saya berharap forum ini dijadikan momentum untuk benar-benar mendengarkan kebutuhan masyarakat dan seluruh stakeholder pembangunan bukan hanya sekadar rutinitas proses perencanaan tahunan saja," katanya. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos