Temukan Satu Orang, Tim Gabungan Masih Cari Dua Korban Longsor di Waykanan

img
Tim gabungan mengevakuasi korban longsor di Kabupaten Waykanan, Lampung.

MOMENTUM, Waykanan--Upaya aparat gabungan dalam pencarian korban longsor di Kabupaten Waykanan akhirnya membuahkan hasil. Dari empat laporan korban longsor, seorang lagi akhirnya ditemukan.

Tindakan responsif aparat Polres Waykanan bersama TNI, Basarnas, BPDB Kabupaten Waykanan serta masyarakat itu berhasil menemukan seorang korban, setelah hari ketiga, Minggu (12-3-2023).

Siran (62) warga Kampung Sumbersari Kecamatan Banjit Kabupaten Waykanan itu menjadi salah satu korban yang tertimbun tanah longsor saat mengadakan gotong royong perbaikan pipa air bersih.

Kapolres AKBP Teddy Rachesna mengatakan, peristiwa bencana tanah longsor tersebut terjadi pada Jumat (10-3) sekitar pukul 10.00 Wib. "Dalam laporan itu tercatat ada dua orang warga tertibun longsor," ujar dia, Minggu (12-3).

Dia melanjutkan, saat kejadian ada satu korban Ngadiyanto (65) yang berhasil di evakuasi dalam keadaan meninggal dunia, namun Siran kala itu belum berhasil ditemukan.

Baca Juga: Polres Waykanan Bantu Pencarian Dua Korban Longsor di Jukubatu

Dalam pencarian selama tiga hari, tim gabungan melakukan penyisiran dari titik hilangnya korban dengan menggunakan alat seadaanya berupa satu unit alkon (penyedot air) serta cangkul. "Akhirnya, upaya itu membuahkan hasil dan pukul 13.30 WIB korban berhasil ditemukan, lalu dibawa ke rumah duka," kata dia.

Menurut dia, korban ditemukan dalam keadaan tersangkut di kayu pada kedalaman sekitar setengah meter yang berjarak 10 meter dari titik awal.

"Pihak keluarga menerima dan mengikhlaskan. Selanjutnya jenazah korban diserahkan kepada keluarga untuk dimakamkan di TPU Kampung Sumbersari," ungkapnya.

"Petugas gabungan melanjutkan bela sungkawa berziarah ke rumah duka dan kita doakan bersama semoga almarhumah diterima Allah dan mendapat tempat lebih baik di sisi-Nya,” tambah kapolres.

Sementara untuk peristiwa tanah longsor di Kampung Jukubatu Kecamatan Banjit Kabupaten Waykanan, korban atas nama Khotimah (31) dan anaknya M Diki Saputra (4) warga Pekon Tanjungraya Kecamatan Waytenong Lampung Barat belum ditemukan. 

"Saat ini kedua korban masih belum ditemukan Tim SAR TNI-Polri dan masyarakat masih dalam proses pencarian,” jelas kapolres.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos