Penilaian Lomba Pekon, Ini Pesan Pj Bupati Pringsewu

img
Seremoni penyambutan Pj Bupati Pringsewu pada acara penilaian lomba pekon tahu n 2023, tingkat kabupaten setempat

MOMENTUM, Pringsewu--Aparatur pekon/desa harus terus melakukn upaya meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan. Terutama yang terkait langsung dengan pelayanan masyarakat serta penggalian dan pengembangan potensi pembangunan di setiap pekon.  

Pesan tersebut disampaikan Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah saat kunjungan klarifikasi lapangan pada penilaian lomba pekon tingkat kabupaten setempat, di Pekon Sukamulya, Kecamatan Banyumas, Senin (13-3-2023).

"Aparat pekon harus bisa menggerakan masyarakat untuk bersama-sama menggali dan mengembangan potensi yang ada di pekon. Upaya tersebut nantinya akan bermuara padapeningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Adi.

Menurut dia, pelaksaan lomba pekon bukan sekedar seremoni. Namun, sebagai bentuk apresiasi sekaligus motivasi dari pemerintah daerah hingga pusat, terhadap pelaksaan program pembangunan di tingkat pekon.

"Tim penilai harus profesional dan obyektif melaksanakan tugasnya, karena lomba ini bukan seremoni yang semata mengejar gelar juara. Tapi bentuk apresiasi dan motivasi terhadap pelaksanaan pembangunan di tingkat pekon," terangnya.  

Kepala Pekon Sukamulya Nova Kurohman pada kesempatan itu memaparkan profil singkat pekon tersebut. Menurut dia, luas wilayah Pekon Sukamulya mencapai lebih kurang 230 hektare dengan jumlah penduduk 2.650 jiwa atau 780 kepala keluarga. 

"Mayoritas masyarakat kami bermata pencaharian sebagai petani dan perkebunan serta pengrajin kain perca dan makanan ringan, pilus," jelasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon  Kabupaten Pringsewu Iskandar Muda mengatakan, pelaksanaan lomba tersebut berdasarkan 

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan. "Perserta lomba pekon tingkat Kabupaten Pringsewu tahun ini diikuti sembilan pekon dari sembilan kecamatan," kata Iskandar Muda.

Agenda kunjungan klarifikasi lapangan penilaian lomba tersebut dimulai dari  Pekon Sukomulyo, Kecamatan Banyumas. Selanjutnya di Pekon Wargomulyo, Kecamatan Pardasuka dan Pekon Jatiagung, Kecamatan Ambarawa pada  Selasa 14 Maret 2023.

Turut hadir pada acara tersebut Ketua TP-PKK Kabupaten Prignsewu Rusdiana Adi Erlansyah,sejumlah kepala organisasi perangkat daerah dan Camat Banyumas Hartoyo. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos