Arus Mudik Lebaran, Penyeberangan Ciwandan - Panjang Diprioritaskan untuk Motor dan Truk

img
Ilustrasi

MOMENTUM, Bandarlampung--Jalur penyeberangan alternatif Pelabuhan Panjang Lampung ke Ciwandan Banten bakal kembali dioperasionalkan untuk arus mudik 2023.

Meski demikian, penyeberangan alternatif itu hanya diprioritaskan bagi pemudik dengan sepeda motor dan kendaraan truk logistik.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Lampung Bambang Sumbogo saat diwawancarai, Rabu (15-3-2023).

Bambang menjelaskan, untuk selama masa angkutan lebaran disiapkan jalur penyebarangan Ciwandan - Bakauheni dan Ciwandan - Panjang.

"Tapi untuk Ciwandan ke Panjang itu diprioritaskan bagi kendaraan sepeda motor dan truk logistik," kata Bambang.

Dia menjelaskan, untuk sepeda motor akan dilakukan mulai H-4 sampai dengan H-1 lebaran. Sedangkan truk H-7 sampai H-5.

"Tapi untuk truk kan biasanya ada pembatasan angkutan barang saat jam-jam sibuk," sebutnya.

Karena itu, dia mengatakan, akan berupaya untuk mempercepat penyeberangan bagi angkutan barang. "Jadi sebelum jam sibuk, kita kerja keras untuk mengalirkan truk ke Lampung," ujarnya. 

Dia menjelaskan, untuk skenario pengalihan sepeda motor dan truk melalui Ciwandan - Panjang akan dilakukan menggunakan aplikasi Ferizy yang disiapkan PT ASDP.

"Jadi nanti akan dikembangkan pilihan Pelabuhan Ciwandan - Pelabuhan Panjang khusus roda 2 dan truk. Sedangkan untuk Lintas Merak-bakauheni hanya dapat mereservasi tiket roda 4 dan bus," jelasnya. 

Untuk Ciwandan - Panjang disiapkan tiga kapal PT Pelni dan PT ALP (Atosim Lampung Pelayaran). Namun, akan ada tambahan dari PT ASDP.

"Ini nanti dalam angkutan lebaran, akan ditambah lagi volumenya. Selain yang sekarang ini, akan ditambah kapal dari ASDP," tuturnya. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos