Satlantas Masifkan Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas

img
Satuan Lalu Lintas Polres Pringsewu, Polda Lampung kembali menyelenggarakan program Police Goes To Campus di Institut Bhakti Nusantara (IBN) Pringsewu, Lampung.

MOMENTUM, Pringsewu--Satuan Lalu Lintas Polres Pringsewu, Polda Lampung terus memasifkan sosialisasi tertib berlalu lintas guna meminimalkan pelanggaran serta kecelakaan di jalan raya.

Hal itu disampaikan Kasat Lantas AKP Khoirul Bahri saat melaksanakan program "Police goes to Campus" di Institut Bhakti Nusantara (IBN) Provinsi Lampung, Rabu (15-3-2023).

Dalam kegiatan yang dipimpin oleh Kasat Lantas AKP Khoirul Bahri itu diikuti 100 peserta dari unsur mahasiswa serta turut dihadiri Rektor IBN Pringsewu, Lampung Dr Fauzi.

Kasat Lantas AKP Khoirul Bahri menyampaikan bahwa program kepolisian bertajuk Police goes to Campus sebagai salah satu upaya Polri dalam membina dan mengedukasi kalangan mahasiswa dan civitas akademika lebih tertib dalam berlalu-lintas.

Menurut dia, Polri khususnya Satuan Lalu Lintas memiliki tanggungjawab di bidang kelalulintasan yang meliputi segala usaha, pekerjaan dan kegiatan dalam pengendalian untuk mencegah dan meniadakan segala bentuk gangguan serta ancaman agar terjamin keamanan, ketertiban, keselamatan dan kelancaran di jalan raya.

"Pada program ini polisi menekankan bahwa dalam berlalu lintas tidak hanya mementingkan keselamatan diri sendiri tapi juga harus mementingkan keselamatan orang lain, oleh karena itu harus ada etika berlalulintas yang dipatuhi bersama," jelas AKP Khoirul Bahri.

Dia menuturkan, selain faktor etika, yang tidak kalah penting harus dipahami oleh masyarakat adalah memahami peraturan yang berlaku, melakukan safety riding, melengkapi kendaraan dengan dokumen yang lengkap.

"Setiap pengemudi juga harus memiliki Surat Izin Mengemudi yang sesuai dengan jenis kendaraannya," ujarnya.

Kasat Lantas menambahkan, bahwa pelaku pelanggaran dan juga korban kecelakaan hingga saat ini masih didominasi kalangan pelajar dan mahasiswa. Oleh karena itu melalui Program Ini dia berharap bisa menambah wawasan mahasiswa untuk lebih tertib berlalu lintas.

"Sehingga angka pelanggaran dan kecelakaan serta fatalitas korban kecelakaan lalu lintas bisa menurun," ungkapnya.

Agar hal itu bisa terwujud, maka Kasat Lantas mengajak mahasiswa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas yang dapat mengajak masyarakat pengguna jalan lainnya untuk merubah perilaku belum tertib menjadi perilaku tertib berlalu lintas berkeselamatan.

"Program ini akan terus kami masifkan dalam membangun budaya tertib berlalu lintas bagi semua pihak, khususnya mahasiswa dan mahasiswi," imbuhnya.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos