Seleksi Calon Paskibraka Pringsewu Diikuti 103 Pelajar

img
Disporapar Kabupaten Prinsewu mulai melaksanakan seleksi calon paskibraka tahun 2023.

MOMENTUM, Pringsewu -- Sebanyak 103 siswa-siswi terbaik sekolah menengah atas dan kejuruan negeri dan swasta se-Kabupaten Pringsewu mengikuti seleksi calon pengibar bendara pusaka (paskibraka) pada Hari Kemerdekaan Indonesia Agustus mendatang.

Ketua pelaksana seleksi, Heru Widodo menjelaskan, seleksi calon paskibraka tersebut berlangsung sejak Sabtu 11 Maret 2023 di GOR Mini Kuncup Pringsewu.

Menurutnya, dari seleksi berbasis aplikasi digital, panitia akan merekrut 36 peserta terbaik, terdiri 18 putra dan 18 putri. Peserta yang lolos juga akan diikutkan dalam seleksi paskibraka tingkat Provinsi Lampung.

Heru Widodo yang juga Kabid Kepemudaan pada Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Pringsewu, mengatakan seleksi calon paskibraka tersebut melibatkan PPI, TNI, Polri, Kesbangpol dan pihak terkait lainnya.

Dia menambahkan, kegiatan itu berdasarkan Perpres Nomor 51 tahun 2022 tentang pasukan pengibar bendera pusaka. Peraturan Badan Pembinaan Idiologi Pancasila BPIP RI Nomor 3 tahun 2022 tentang petunjuk pelaksanaan Perpres tersebut.

Selain itu, juga pedoman teknis pelaksanaan pembentukan Paskibraka dari Deputi Pengendalian dan Evaluasi BPIP RI. Pada tahun 2023, pelaksanaa seleksi berbasis aplikasi digitalisasi sehingga diharapkan berlangsung obyektivitasi dengan hasil maksimal.

Sementara Kadisporpar Pringsewu Jahron ketika membuka kegiatan tersebut mengatakan, seleksi paskibraka untuk memilih siswa-siswi terbaik, unggul dan prima. Guna membentuk paskibraka yang akan bertugas mengibarkan duplikat bendera usaka pada HUT Kemerdekaan RI tahun 2023

Jahron meminta panitia agar melakukan penyeleksian secara obyektif dan profesional. "Kepada para peserta seleksi diminta bersungguh-sungguh agar lolos dan menjadi paskibraka baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional," pinta Jahron.(*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos